Tips Hindari Diabetes

Pola hidup sehat 3J (jumlah, jenis, dan jadwal), merupakan terkait erat dengan pola makan, untuk menjaga kadar gula darah jauh dari risiko diabetes, atau tetap hidup sehat walau sudah menderita diabetes.
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 10 November 2013  |  16:39 WIB
Tips Hindari Diabetes
gejalakencingmanis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ingin menjauh dari penyakit diabetes? Cobalah berkomitmen dengan diri sendiri untuk menerapkan pola hidup sehat 3J dalam keseharian Anda.

Pola hidup sehat 3J (jumlah, jenis, dan jadwal), merupakan terkait erat dengan pola makan, untuk menjaga kadar gula darah jauh dari risiko diabetes, atau tetap hidup sehat walau sudah menderita diabetes.  

"Kami ingin mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk paham tentang cara pencegahan dan penanggulangan diabetes," kata Irawati Setiady, Presdir PT Kalbe Farma TBk., pada peringatan Hari Diabetes Sedunia 2013, yang diadakan Kalbe melalui produk Diabetasol, di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (10/11/2013).

Dia mengatakan dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day/WDD), perusahaannya juga mengampanyekan pencegahan diabetes dengan tema Lindungi Masa Depan Anda, Cegah Diabetes dengan 3J.

Acara itu diikuti sekitar 8.000 orang diabetesi, dan masyarakat umum se- Jabodetabek, termasuk Pandu Diabetes, anggota Pesatuan Diabetes Indonesia (Persadia), dan 30 orang dokter perwakilan dari negara Myanmar yang ikut berpartisipasi untuk mendukung acara WDD di Indonesia.

"Kegiatan ini sejalan dengan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mewujudkan Indonesia sehat, menuju kehidupan yang lebih baik. Saat ini diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematin di Indonesia. Karena itu edukasi tentang pencegahannya penting dilakukan," ungkapnya dalam acara dibuka oleh Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Ketua Persadia Prof. Sidartawan Soegondo, mengatakan untuk mencegah diabetes sebenarnya cukup mudah. Terpenting adalah menerapkan pola gaya hidup sehat dan berolahraga.

Dia menuturkan olahrga seperti berenang, senam, jalan kaki, atau berdansa, bisa membantu mencegah atau mengontrol diabetes. "Semua itu dibarengan dengan pola makan yang sehat dan tidak berlebihan," ujar Sidartawan.

Bagi mereka yang sudah kerteka diabetes, lanjutnya, upayakan cegah kenaikan gula darah. Caranya dengan mengontrol sendiri gulad darahnya, dengan meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

Irawati menambahkan acara WDD ini merupakan puncak dari serangkaian acara Diabetasol Funwalk, yang telah dilakukan lebih di 33 kota di Indonesia, dari Sabang sampai MErauke. Jumlah peserta keseluruhannya mencapai 250.000 orang.  

"Untuk kampanye dan edukasi pola hidup sehat dengan 3J kali ini, diadakan serentak di 15 kota di Indonesia," ujarnya.
Dia menuturkan dengan kampanye pola hidup sehat 3J ini, masyarakat bisa menerapkan pola makan sehat disertai olahraga teratur, sehingga kadar gula darah senantiasa terjaga untuk hidup sehat dan optimal. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
diabetes

Editor : Martin Sihombing
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top