Entertainment

SINETRON PLAGIAT: "Kau yang Berasal dari Bintang" & "Ganteng-ganteng Serigala" Dipergunjingkan

Farodilah Muqoddam
Senin, 5 Mei 2014 - 19:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Dua stasiun televisi yakni RCTI dan SCTV dituduh sebagai plagiator film Holywood dan serial drama Korea karena menampilkan sinetron dengan tema dan jalan cerita serupa.

Sinetron "Kau yang Berasal dari Bintang" yang tayang di RCTI dinilai menjiplak drama Korea berjudul You Who Came From The Stars.

Sedangkan sinetron "Ganteng-ganteng Serigala" yang ditayangkan oleh SCTV dinilai sangat mirip dengan film Holywood Ttwilight Saga.

Pergunjingan mengenai isu plagiarisme ini merebak di media sosial setidaknya selama sepekan terakhir.

Dalam rilis lembaga monitoring Awesometrics disebutkan kedua stasiun televisi tersebut banyak mendapatkan mention karena dinilai menjiplak karya yang telah populer sebelumnya.

“Pembicaraan bahwa RCTI sebagai plagiat lebih banyak muncul di berbagai media sosial seperti Twitter, Facebook, dan forum-forum dalam sepekan ini,” tulis Awesometrics dalam siaran pers, Senin (5/5/2014).

Percakapan yang menyebutkan RCTI sebagai plagiator muncul di Twitter sebanyak 557 kali, Facebook 25 kali, dan dibahas dalam 12 kali percakapan di forum online.

Isu serupa juga menimpa SCTV yang diisukan melakukan plagiarisme. Tindakan plagiarisme SCTV diperbincangkan sebanyak 89 kali di Twitter dan 21 kali di Facebook.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro