Ilustrasi/Bisnis.com
Fashion

KESEHATAN IBU HAMIL: Hati-Hati Zat Antibacterial Bagi Janin Anda

Nadya Kurnia
Selasa, 12 Agustus 2014 - 18:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 184 perempuan mengandung di Brooklyn, New York, menyebutkan bahwa paparan zat antibacterial seperti triclosan dan triclocarban dapat mempengaruhi pertumbuhan janin.

Triclosan dan Triclocarban dapat ditemukan dalam produk yang digunakan sehari-hari seperti deterjen, pasta gigi, sabun, karpet, cat, dan mainan anak-anak.

Dalam studi tersebut, kedua zat antibacterial itu ditemukan dalam 85% sampel urine dan ditemukan juga dalam sampel darah umbilical cord yang mengindikasikan bahwa zat tersebut telah mencapai rahim dan janin.

Laura Geer, asisten profesor dari Enviromental and Occupational Health Sciences SUNY Downstate School of Public Health mengatakan bahwa paparan zat tersebut dapat mempengaruhi perkembangan janin.

"Komponen-komponen ini memiliki endocrine, yang berpotensi merusak. Dan janin sangat rentan dengan perubahan hormon selama masa perkembangannya," tuturnya.

Andrea Gore, Juru bicara Endocrine Society di University of Texas pun mengatakan hal yang serupa.

"Selama perkembangan awal, jumlah hormon yang minim dapat memberi efek yang besar terhadap perkembangan janin. Maka masa itu sangat rentan terhadap paparan-paparan zat kimia," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : WebMD.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro