Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 5 Jenis Konsumsi Aman Saat Diet

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Terkadang terlalu banyak makan bisa membuat badan menjadi gemuk atau tidak sehat. Akhir-akhir ini pun mulai bermunculan berbagai macam diet dan food combining.
Agnes Savithri
Agnes Savithri - Bisnis.com 19 Agustus 2014  |  17:51 WIB
Ini 5 Jenis Konsumsi Aman Saat Diet
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Terkadang terlalu banyak makan bisa membuat badan menjadi gemuk atau tidak sehat. Akhir-akhir ini pun mulai bermunculan berbagai macam diet dan food combining.

Berikut ini 5 makanan yang bisa Anda santap tanpa harus mengkhawatirkan berat badan bahkan beberapa penelitian mempercayai bisa menurunkan berat badan.

1. Air Putih

Air putih memang tidak termasuk ke dalam makanan, tetapi air putih bisa membuat Anda terjaga dari lapar. “Air bisa membuat Anda berasa kenyang sehingga membuat makanan yang disantap menjadi sedikit,” tutur ahli diet dan penulis buku The Small Change Diet Keri Gans seperti yang dikutip dari situs berita gaya hidup Harpers Bazaar.

Meminum air dalam keadaan dingin bisa membantu menaikkan metabolisme perlahan-lahan. Sekitar 50 kalori per hari jika Anda meminum enam gelas air putih dingin, data ini berdasarkan penelitian yang di publikasikan di The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

Untuk menambah nikmat ketika diminum, Anda bisa menambahkan buah seperti semangka, strawberi atau rempah seperti jahe atau mint. Air yang dicampur buah atau rempah ini bisa Anda diamkan sebentar, air ini disebut infushion water.

2. Cokelat

Salah satu penelitian menemukan bahwa penikmat cokelat secara regular ternyata lebih langsing dibandingkan dengan orang yang tidak rutin memakan cokelat. Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh pun lebih sedikit dibandingkan yang jarang mengkonsumsi cokelat.

Teori lainnya menyebutkan bahwa cokelat bisa menaikkan level hormon baik seperti serotonin dan dopamine di dalam otak. Kedua hormon ini mempengaruhi rasa tenang sehingga bisa membuat Anda lebih rileks.

3. Alpukat

Buah yang mengandung lemak ini merupakan buah penekan selera makan yang sehat. Memakan buah ini tidak akan menimbulkan lonjakan kadar gula dan memerlukan waktu hingga enam jam untuk dicerna. Alpukat juga mengandung L-Karnitin, asam amino yang bisa mendorong metabolisme tubuh Anda.

“Penelitian menunjukkan orang yang memakan alpukat memiliki Indeks Masa Tubuh (BMI-Body Mass Index) yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil,” menurut ahli diet Melissa Halas-Liang seperti yang dikutip dari situs berita gaya hidup Harpers Bazaar. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung kadar air yang tinggi, kaya akan serat dan lemak nabati yang sehat.

4. Telur

Jika Anda sering menyantap sarapan hanya dengan roti bagel, Anda bisa mencoba mengganti dengan telur. Telur bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga menurunkan jumlah makanan yang dimakan. Orang yang makan lebih banyak protein pada sarapan akan lebih kenyang dan mengurangi untuk mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat.

Faktanya, protein yang tinggi pada saat sarapan akan menjaga Anda untuk memakan 200 kalori ekstra. Telur yang direbus hingga matang pada saat malam dan letakkan dalam kulkas, Anda bisa menyantapkan pada saat pagi hari bersama buah-buahan.

5. Bayam

Anda bisa menyantap sayuran yang banyak dengan tenang karena sayuran mengandung kalori yang kecil dibandingkan dengan makanan lainnya. Salah satunya adalah bayam, sayur ini mengandung banyak zat besi yang bisa meningkatkan energi Anda.

Zat besi juga bekerja sebagai pengantar oksigen ke dalam sel tubuh Anda, dimana hal itu diperlukan untuk menambah energi dan membakar lemak. Untuk perempuan, direkomendasikan mengkonsumsi zat besi hingga 18mg. Tambahkan lemon sekitar satu cup ke dalam bayam yang dikukus untuk membantu tubuh Anda menyerap mineral. (Harpers Bazaar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menu diet seimbang diet
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top