Ikea Indonesia terletak di Alam Sutera, Tangerang dan beroperasi mulai 10.00--22.00 wib/ Foto Dok IKEA Indonesia
Health

Mau Belanja di IKEA? Ikuti 6 Langkah Berikut

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 16 Oktober 2014 - 17:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--IKEA Indonesia resmi beroperasi pada Rabu, (15/10/2014) lalu. Perusahaan ritel furnitur dan perabot rumah asal Swedia tersebut tak hanya menawarkan sekitar 7.000 varian produk, tetapi juga pengalaman berbelanja yang unik.

Ketika memasuki lobi gerai IKEA Indonesia di kawasan Alam Sutera, Tangerang, Anda akan melihat sebidang papan yang menampilkan cara berbelanja.

Di sebelah papan, terdapat puluhan pensil kayu berukuran mini dan kertas panduan belanja. Kertas tersebut terdiri dari beberapa kolom yang harus Anda isi, yaitu produk (nomor artikel), harga, lokasi rak dan lokasi bagian.

Tidak sabar untuk memborong aneka furnitur flat pack bergaya skandinavian? Yuk, Ikuti tips berbelaja di IKEA.

1. Pilih, Bandingkan, dan Uji Produk yang Diinginkan

Salah satu keunikan yang ditawarkan IKEA adalah konsumen bisa mencoba semua produk yang ada di toko tersebut. IKEA menata aneka mebel dan aksesori layaknya interior rumah atau apartemen. Makanya, jangan sungkan menduduki sofa atau rebahan di atas ranjang. Setelah itu, Anda bisa memilih produk yang paling pas.

2. Lihat Lokasi,  Lalu Catat Produk

Di IKEA, konsep do it yourself (DIY) tak hanya diaplikasikan pada produk furnitur, tetapi juga cara belanja. IKEA menyematkan dua label pada setiap produk, yaitu label berwarna merah dan kuning. Label berwarna merah menandakan Anda dapat membawa sendiri produk tersebut. Adapun, label kuning berarti Anda disarankan untuk menghubungi pegawai dengan meninggalkan nama dan nomor produk.

Di label tersebut terdapat nama produk, nomor artikel, nomor rak dan nomor bagian. Catat informasi produk pada kolom kertas panduan belanja.

3. Ambil Barang Sendiri

IKEA Indonesia menyediakan area layanan mandiri yang terletak di lantai dasar. Di area ini, Anda akan mengambil produk yang diinginkan. Uniknya, produk tersebut dibungkus rapi dan datar (flat pack). Jangan lupa mengambil trolley di dekat pintu masuk untuk membawa barang.

4. Langsung Bawa Pulang

Lantaran dikemas flatpack, Anda bisa langsung membawa pulang furnitur yang sudah Anda beli tanpa harus menunggu petugas mengepak barang. Di IKEA, Anda harus membawa kantong belaja sendiri atau membeli kantong berwarna biru seharga Rp9900. Kantong ini bisa dipakai berulang kali setiap Anda mendatangi IKEA.

5. Rakit Sendiri

Berbeda dengan toko furnitur lain yang menyediakan produk jadi, Anda harus merakit sendiri mebel IKEA. Setiap produk dilengkapi buku panduan berbahasa Inggris yang berisi tahapan untuk merakit. Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki waktu merakit sendiri karena IKEA Indonesia menyediakan layanan perakitan.

6. Kembalikan Produk Jika Tak Puas

Ada kalanya Anda merasa tak puas atau produk furnitur tak pas dengan ukuran ruangan. Jika Anda merasakan dua hal ini, Anda berkesempatan untuk mengembalikan atau menukar barang ke IKEA dalam rentang waktu 30 hari. Setelah menguhubungi layanan servis, Jangan lupa membawa kembali struk dan kemasan barang.

Selamat berbelanja!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro