Petugas kesehatan menggunakan pakaian pelindung tampak dari cermin sebelum memasuki area berisiko tinggi pada 7 September 2014 di rumah sakit Elwa di Monrovia/Bloomberg
Fashion

WABAH EBOLA MASUK INDONESIA? Semoga Pasien RSUD Madiun Ini Hanya Terkena Malaria

Saeno
Sabtu, 1 November 2014 - 15:29
Bagikan

Bisnis.com, MADIUN - Virus Ebola dikhawatirkan mulai menyusup ke Indonesia melalui seorang TKI yang pernah bekerja di Liberia dan dipulangkan karena sakit.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedono, Kota Madiun, Jawa Timur, saat ini sedang merawat seorang pasien yang dicurigai atau "suspect" terjangkit virus Ebola. Demikian diberitakan kantor berita Antara, Sabtu (1/11/2014).

Kepala Pelayanan Medik RSUD dr Soedono Madiun, dr Sjaiful Anwar SpJP, mengatakan pasien tersebut adalah Muk, 29, warga Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun.

Saat ini pasien dirawat intensif di ruang isolasi Wijaya Kusuma B rumah sakit setempat.

"Saat ini statusnya masih suspect ebola, tapi positif Malaria. Pasien mengalami demam hingga 38 derajat Celcius," ujar dr Sjaiful Anwar kepada wartawan.

Menurut dia, penetapan suspect Ebola tersebut karena pasien pernah berada di daerah endemis yakni pasien pernah menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Liberia (Afrika) yang banyak ditemukan penderita virus itu.

Muk bekerja di Liberia sejak delapan bulan lalu.

Sebelum dipulangkan ke Indonesia, pasien tersebut mengalami demam dan sempat dikarantina selama sepekan.

Sepulang ke Indonesia, Muk juga sempat dikarantina di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, namun hanya sehari dan akhirnya pulang ke Madiun.

Setelah lima hari berada di kampung halamannya, Muk kembali demam hingga akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soedono.

Sjaiful menjelaskan karena dicurigai terkena virus Ebola, maka perawatannya mengacu standar WHO, di antaranya perawat wajib mengenakan penutup kepala, kacamata pelindung, masker jenis N95, serta baju rangkap tiga.

Selain itu, perawat juga harus memakai sarung tangan dan sepatu bot.

Pakaian rangkap tiga itu meliputi bahan linen, gaun pelindung, dan gaun pelindung plastik sekali pakai. Setelah dipakai pakaian itu langsung dibuang.

"Penerapan SOP tersebut agar pasien tidak menularkan virus ke orang lain, terutama tenaga medis yang menanganinya," terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan RSUD dr Soetomo, Surabaya, untuk melakukan pemantauan kondisi pasien. Bisa saja, pasien akan dirujuk ke Surabaya jika kondisinya tidak membaik.

"Saat ini masih terus dipantau. Pasien terus diawasi di ruang isolasi," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro