Ilustrasi hormon/holyhormones.com
Health

Wanita, Ini Cara Bikin Hormon Seimbang

Nancy Junita
Rabu, 10 Desember 2014 - 08:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Menopause atau berhenti haid bukan berarti jeda atau ada sesuatu yang berhenti dalam hidup Anda. Menopause adalah sesuatu awal era baru bagi hidup Anda, bila bisa menyikapinya dengan baik.

Fase transisi dari reproduksi ke non-reproduksi di kehidupan Anda akan berjalan mulus. Situasi semacam “gatal, judes, berkeringat, mengantuk, kembung, pelupa, psiko” yang kerap dianggap mengganggu bisa diatasi dengan baik.

Selain itu, perubahan mood juga banyak dialami wanita yang dalam situasi pra-menopause. Layaknya pra-mensruasi sindrom (PMS). Hanya saja, perubahan mood ini tak muncul setiap bulan.

Akar penyebab semua gejala yang dialami oleh wanita pasc- menopause adalah ketidakseimbangan hormon, sehingga upaya untuk menyesuaikan keseimbangan hormon adalah kunci untuk mengurangi efek samping yang tidak nyaman saat menopause.

Banyak wanita mencari pengobatan untuk mengatasi gejala menopause yang mereka alami seperti hilangnya libido dan kekeringan vagina. Selain itu, ada banyak perubahan gaya hidup yang juga bisa menghasilkan keseimbangan hormon.

Tetap fit dengan makan makanan sehat, seimbang diet dan olahraga teratur termasuk dalam rutinitas harian yang bisa membantu menyeimbangkan hormon. Latihan praktik pernapasan teratur. Yoga atau meditasi membantu untuk mengontrol stres dalam hidup Anda.

Cobalah untuk mengurangi kafein dan alkohol, dan tingkatkan asupan vitamin seperti vitamin B, C, D dan E. Pastikan istirahat malam yang baik dengan tidur setidaknya 7-8 jam per malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Sumber : medindia.net
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro