Ilustrasi/Sheknows
Relationship

5 Sikap Pemimpin yang Dapat Memberi Inspirasi

Andhina Wulandari
Selasa, 16 Desember 2014 - 11:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Seorang pemimpin seharusnya tidak dikenal sebagai sosok menyeramkan yang ditakuti bawahannya. Pemimpin yang disegani justru mereka yang bisa memberi inspirasi pada karyawannya.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa yang terpenting dari seorang pemimpin adalah mereka mampu menciptakan antusiasme, memberdayakan karyawannya, membangun rasa percaya diri, sekaligus menginspirasi orang di sekitarnya,” ujar Peter Handal, chief executive Dale Carnegie Training, sebuah perusahaan pelatihan kepemimpinan di New York, seperti dikutip laman Entrepreneur.

Berikut ini adalah beberapa sikap pemimpin yang dianggap bisa memberi inspirasi.

1. Berani hadapi tantangan

Pemimpin hebat dapat dengan berani menghadapi setiap tantangan atau situasi bermasalah, kemudian berusaha mengatasinya. Apakah itu artinya ketika bisnis mereka mengalami penurunan atau saat mengatur karyawan untuk bekerja, seorang pemimpin hebat tahu cara paling baik untuk menghadapi semua hal itu.

Komunikasi secara reguler juga penting untuk dilakukan, misalnya untuk memberitahu soal perkembangan perusahaan atau masalah apa yang sedang dihadapi perusahaan. Ini untuk menghindari gosip yang bisa berakibat buruk bagi bisnis.

2. Dapatkan kepercayaan

Karyawan akan merasa loyal dan antusias dengan pekerjaan ketika mereka bisa mempercayai perusahaan. Mendapatkan kepercayaan dari karyawan memang tidak mudah. Cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan menunjukkan bahwa Anda peduli.

Jangan hanya peduli soal kesejahteraan mereka, seperti gaji dan bonus yang sesuai, tapi juga peduli dengan kehidupan mereka, misalnya soal keluarga serta karir.

3. Otentik

Jangan berpura-pura menjadi orang lain, tapi tunjukkanlah jati diri dan kualitas pribadi Anda. Percayalah pada kemampuan Anda dan kembangkan cara kepemimpinan sendiri. Terinspirasi dari orang lain boleh saja, tapi jangan meniru orang yang tidak sesuai dengan kepribadian Anda.

4. Dapatkan rasa hormat

Ketika Anda berperilaku dalam nilai dan etika bisnis yang sesuai, maka Anda akan mendapatkan rasa hormat dari karyawan hingga klien.

5. Tetap penasaran

Seorang pemimpin hebat adalah mereka yang tidak pernah berhenti untuk belajar. Mereka selalu berusaha mencari ide-ide baru, pandangan, hingga informasi terkini. Pemimpin hebat tidak akan takut akan inovasi dan bersedia menerima opini dari karyawannya. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Exodus: Gods and Kings Melesat ke Puncak Box Office

KONSULTASI FASHION: Pilihan Busana Samarkan Perut Buncit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Entrepreneur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro