Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Risiko Kesehatan dari Kebiasaan Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya segera dihentikan. Situs tips kesehatan melaporkan menggigit kuku ternyata berdampak buruk bagi kesehatan
Septina Arifiani
Septina Arifiani - Bisnis.com 22 Desember 2014  |  13:47 WIB
Kebiasaan menggigit kuku - almanac.com
Kebiasaan menggigit kuku - almanac.com

Bisnis.com, JAKARTA— Kebiasaan menggigit kuku, sebaiknya segera dihentikan. Situs tips kesehatan melaporkan menggigit kuku ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

SIMAK: Inilah Makna Mimpi Anda Secara Ilmiah

Menggigit kuku sering kali dipicu rasa bosan, stres. Berikut tips kesehatan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan menggigit kuku sebagaimana dilansir Healthmeup, Minggu (21/12/2014):

Infeksi Bakteri
Sering mencuci tangan bukan berarti Anda terbebas dari bakteri karena orang cenderung melewatkan bagian bawah kuku. Penelitian menemukan kuku dua kali lebih kotor jari Anda, banyak bakteri bersembunyi di bawah kuku Anda. Ketika menggigit kuku, bakteri ini akan masuk ke mulut dan ke dalam tubuh, sehingga menyebabkan infeksi bakteri.

Infeksi Kuku
Menggigit kuku dapat menyebabkan lecet di kulit di sekitar kuku, di mana bakteri dan mikroorganisma lainnya bisa berkembang di bagian bawah kulit. Orang yang sering menggigit kuku rentan terhadap penyakit paronychia (infeksi kulit menyakitkan yang berkembang di sekitar kuku).

Kutil
Human papillomavirus (HPV) merupakan infeksi lain yang rentan menyerang orang yang suka menggigit kuku. Kondisi ini biasanya dihadapi oleh seseorang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku yang kronis. Hal ini akan mengakibatkan kutil di sekitar kuku, kemudian ketika Anda menggigit kuku, kutil tersebut dapat menyebar ke mulut dan bibir.

Kualitas Hidup yang Buruk
Sebuah studi menemukan 20-30 persen dari orang yang suka menggigit kuku memiliki kualitas hidup yang rendah dibandingkan mereka yang tidak. Beberapa penyebab dari efek ini adalah masalah yang dihadapi karena menggigit kuku, seperti stres yang mencoba menahannya dengan menggigit kuku. (Bisnis.com)

BACA JUGA:

Wagub Djarot Ingin Sulap Ciliwung Jadi Lokasi Arung Jeram

BPOM Temukan 2.939 Item Pangan Tak Penuhi Ketentuan

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigit kuku

Sumber : Solopos.com

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top