Musik bisa kendalikan emosi negatif/appmark.com
Musik

PINKAN Bawa Kulintang ke UNESCO

Ipak Ayu H Nurcaya
Kamis, 15 Januari 2015 - 15:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Desember 2013 lalu, Persatuan Indonesia Kulintang Nasional (PINKAN) akan kembali memperjuangkan Ansambel Musik Kulintang Minahasa di PBB.

"Kulintang Kayu Minahasa harus diakui dunia sebagai milik Indonesia, karena Negara lain ada yang memiliki alat musik serupa dengan nama yang hampir mirip juga," kata Ketua Umum PINKAN, Anie Rachmat Sudibyo di Sekretariat PINKAN Indonesia, Rabu (14/1/2015).

Setelah Lokakarya Ansambel Musik Kulintang Minahasa di Bogor Oktober, 2013 lalu, PINKAN terus menggelar berbagai festival.

Festival yang bertujuan lebih mengakrabkan masyarakat kembali dengan alat musik tradisional yang pernah trend pada tahun 1970 an ini. Berbagai festival tersebut antara lain Festival Kulintang Piala bergilir Ibu Negara pada 2013 di Sulawesi Utara dan 2014 di Jakarta.

Selain itu PINKAN juga melakukan berbagai kegiatan penelitian yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Manado (UNIMA) dan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI). Pada 31 Januari 2015 nanti PINKAN akan menggelar acara yang bertajuk Kulintang Day di Goethe Institut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro