Jarum suntik/ihatememe.com
Health

Ini Bahayanya jika Sampah Medis Dibuang Sembarangan

Editor
Sabtu, 17 Januari 2015 - 10:04
Bagikan

Bisnis.com, PALANGKA RAYA--  Pejabat Dinas Kesehatan kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengingatkan seluruh puskesmas yang ada di daerah itu untuk tidak membuang sisa sampah medis secara sembarangan.

"Kami minta sekaligus mengingatkan kepada seluruh puskesmas yang ada di Kota Palangka Raya untuk tidak membuang sampah medis sembarangan, khususnya di tempat pembuangan sampah umum," kata Sekretaris Dinkes Palangka Raya, Saiful di Palangka Raya, Sabtu (17/1/2015).

Menurutnya, alangkah baiknya sampah medis tersebut dibuang pada tempat khusus seperti insinerator atau mesin pembakar limbah medis dan non medis.

Sebab, sampah atau limbah yang di hasilkan dari setiap para dokter baik di rumah sakit, puskesmas dan poliklinik saat usai menggunakan semua jenis sampah medis maupun nonmedis menghasilkan biohazard.

Biohazard sendiri adalah organisme, atau zat yang berasal dari organisma, yang menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia. Hal ini dapat mencakup limbah medis, sampel virus, mikroorganisma atau racun yang dapat berdampak pada kesehatan manusia dan hewan, kata Saiful kepada wartawan.

Oleh sebab itulah dihimbau pihak rumah sakit, puskesmas dan poliklinik apabila sampah medis maupun nonmedis jika tidak digunakan lagi, segera dikumpulkan dan dibuang ke mesin insinerator.

"Jangan sampai dibuang secara sembarangan dan di tempat sampah umum, sebab sampah tersebut dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia," katanya.(Bisnis.com)

BACA JUGA:

INFO LALU LINTAS: Pagi Ini Arus Lalu Lintas di Jakarta Ramai Lancar

Mesin Berapi, AS Investigasi Jeep Cherokee Keluaran Terbaru

Warga Inggris Rasakan Berkah Jatuhnya Harga Minyak Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro