Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Obesitas Pada Anak Dengan Gizi Seimbang

Cegah Obesitas Pada Anak Dengan Gizi Seimbang
Agnes Savithri
Agnes Savithri - Bisnis.com 21 Januari 2015  |  19:31 WIB
Membangun kepercayaan diri anak - huffingtonpots
Membangun kepercayaan diri anak - huffingtonpots

Bisnis.com, JAKARTA—Menurut data United Nations Children’s Fund (UNICEF), pada 2012 Indonesia menempati posisi teratas tingkat obesitas anak di Asia Tenggara. Persentase Indonesia mencapai 12,2%. Persentase ini di atas negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand 8%, Malaysia 6%, Vietnam 4,6% dan Filipina 3,3%.

Dokter spesialis anak, Sudung O. Pardede menjelaskan anak dikatakan obesitas jika diatas 2 tahun memiliki berat badan yang tidak ideal. Ada beberapa indikator untuk menyebut anak obesitas seperti berat dan tinggi badan yang tidak seimbang.

“Salah satu yang harus diperhatikan adalah kelebihan berat badan belum tentu obesitas, tetapi obesitas pasti kelebihan berat badan,” tuturnya.

Salah satu pemicu obesitas pada anak adalah pola makan. Seorang anak memiliki kecenderungan menyukai minuman manis dibandingkan dengan air putih. Minuman tersebut memiliki kalori yang tinggi sehingga bisa mengakibatkan obesitas jika tidak diimbangi dengan pola makan lainnya yang tepat.

Sudung menambahkan, bahaya jangka panjang obesitas pada anak bisa berakibat penyakit jantung, gula dan tekanan darah tinggi. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan memonitor asupan gizi dan mengedukasi anak mengenai gizi seimbang. Anak pun harus dibiasakan minum air putih delapan gelas sehari dan mengurangi minum-minuman manis.

 

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gizi anak
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top