Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

13 Langkah Untuk Mencegah Serangan Jantung

13 Langkah Untuk Mencegah Serangan Jantung
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 22 Januari 2015  |  10:23 WIB
Wanita kena serangan jantung - australiawidefirstaid.com.au
Wanita kena serangan jantung - australiawidefirstaid.com.au

Bisnis.com, JAKARTA—Salah satu penyebab utama kematian di dunia saat ini adalah serangan jantung. Dan hal ini disebabkan perubahan besar yang telah terjadi dalam cara kita hidup dan makan yang diasup.

Tidak hanya makanan, tetapi sejumlah perubahan gaya hidup lain yang telah membawa penyakit jantung lebih banyak mengancam. Kita tahu bahwa serangan jantung sangat umum di zaman ini tetapi untuk menjaga diri dan keluarga kita aman, kita juga perlu mengetahui cara-cara untuk mencegah serangan jantung.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menjaga penyakit jantung jauh? Kabar baiknya adalah bahwa kita bisa melakukan banyak hal. Mengubah gaya hidup salah satunya. Namun, jika Anda memiliki riwayat keluarga penyakit jantung, Anda harus ekstra hati-hati. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah serangan jantung:

Olahraga:
Apakah Anda berisiko atau tidak, yang penting ini tidak pernah bisa diabaikan, terutama jika Anda memiliki pekerjaan meja. Berjam-jam duduk dapat menyebabkan Anda untuk mengembangkan perut dan lapisan lemak di sekitar pinggang Anda bisa mengancam. Dapatkan setidaknya 30 menit latihan setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidur nyenyak

Kerja adalah penting; tidak ada keraguan tentang itu. Namun penting juga untuk tubuh beristirahat dengan tidur yang cukup. Hal ini diperlukan agar tubuh bisa menyegarkan dan mengisi ulang sendiri.


Jauhkan stres

Salah satu cara yang paling penting untuk mencegah serangan jantung adalah untuk menjauhi stres. Memang benar bahwa kata-kata ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, tapi upaya harus dilakukan. Masalah adalah bagian dari kehidupan, tetapi tidak semuanya harus membuat Anda menjadi stres saat memikirkannya.


Rutin lakukan pemeriksaan medis

Setelah usia 30, Anda harus rutin melakukan cek medis. Hal ini, untuk memastikan tentang kondisi kesehatan Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda dan tetap informasi.

Batasi asupan natrium

Asupan natrium tinggi menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal ini tidak baik bagi jantung Anda. Salah satu tips untuk mencegah serangan jantung adalah untuk membatasi asupan garam, terutama garam meja.

Dapatkan lemak yang tepat

Lemak dapat jenuh, tak jenuh tunggal, lemak trans dan lemak tak jenuh ganda. Menahan diri dari mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh seperti gorengan.

 

Kenali risiko Anda

Jika Anda memiliki riwayat keluarga serangan jantung, Anda berisiko. Jangan hidup dalam penyangkalan. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah untuk menerima kenyataan dan mengambil langkah-langkah yang memadai untuk mencegah serangan jantung.

Setop merokok

Tembakau dalam bentuk apapun adalah berbahaya bagi jantung. Kerusakan jantung dan pembuluh darah yang menuju ke penyempitan arteri disebabkan karena rokok. Wanita yang menggunakan pil KB dan merokok memiliki resiko yang lebih tinggi karena hal ini meningkatkan kemungkinan pembekuan darah.

Camilan kacang

Ngemil diperlukan pada waktu untuk mengusir rasa lapar di antara waktu makan. Membuat pilihan cerdas di sini dan camilan kacang. Dari kacang, Anda mendapatkan lemak baik dan antioksidan yang membantu untuk jantung sehat.

Menjaga berat badan yang sehat

Berat badan berlebih berarti kelebihan lemak dalam tubuh dan ini bisa berbahaya untuk jantung, terutama lemak di sekitar perut. Memiliki kendali atas apa yang Anda makan dan membakar kalori yang cukup untuk menghindari akumulasi lemak.

Hindari makanan kemasan

makanan Semua dikemas memiliki kandungan sodium yang tinggi dan minyak nabati terhidrogenasi. Kedua bahan ini berbahaya bagi jantung.

Masukan ikan dalam diet Anda

Ikan, terutama varietas seperti salmon dan makarel, mengandung baik omega 3 asam lemak. Ini membantu untuk menjaga kesehatan jantung.

Kurangi asupan alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan, dapat menyebabkan kerusakan pada jantung.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

serangan jantung

Sumber : boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top