Selektif. /Bisnis.com
Health

Ini 3 Jenis Minuman Yang Perlu Dijauhi Ibu Hamil

Fitri Rachmawati
Minggu, 25 Januari 2015 - 15:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi wanita yang sedang hamil tentunya segala jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi harus dijaga agar kesehatan ibu dan bayi selalu terjaga.

Berikut ini jenis minuman yang sebaiknya dihindari oleh wanita yang sedang hamil.

  1. Minuman Beralkohol

Ketika Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, zat ini akan mencapai bayi melalui aliaran darah. Walaupun tidak ada yang benar-benar mengetahui bagaimana pengaruh mengkonsumsi sedikit minuman beralkohol, tetapi tidak sedikit dokter menyarankan untuk tidak minum sama sekali. 

Sedangkan yang lain menyarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dalam 12 minggu pertama dan hanya minum sesekali saja. Karena dinilai minum sesekali sepanjang kehamilan tidak akan berbahaya, Namun, banyak dokter yang sependapat mengkonsumsi minuman beralkohol secara teratur bisa membahayakan bagi bayi dalam kandungan.

2. Minum Kopi

Sebenarnya Anda masih bisa menikmati kopi dan minuman yang berkafein lainnya selama tidak berlebihan.

Peneliti menyarankan bahwa kafein dalam jumlah sedang tidak akan berbahaya bagi Anda maupun bayi dalam kandungan selama kehamilan. Jumlah sedang menurut para ahli adalah tidak lebih dari 300mg kafein per hari atau hanya diperbolehkan tidak lebihdari empat cangkir kopi instan.

Namun jika berlebih hal ini akan berbahaya bagi Anda dan bayi, tidak sedikit wanita hamil yang lebih memilih membatasai atau berhenti minum kopi dan sebagian dokter pun merekomendasikan mengurangi hingga menganjurkan untuk menjauhi.

3. Minuman Teh Herbal

Semua preparat herbal yang dibeli dalam bentuk teh celup memang dianggap aman dikonsumsi ibu hamil tetapi hanya beberapa jenis dan takaran., dan banyak pendapat para ahli bahwa minum teh herbal itu aman atau tidak.

Walaupun tidak ada aturan makanan yang secara khusus ditujukan bagi konsumsi teh herbal, setiap herbal dianggap aman untuk dimakan. Namun, jika dikonsumsi dengan dosis tinggi akan bisa menyebabkan diare, muntah, dan palpitasi jantung.

Untuk itu jika Anda akan mengkonsumsi teh herbal sebaiknya mengecek label dalam kemasan untuk mencari kandungan yang secara normal dikonsumsi bagi ibu hamil. Seperti ekstrak mint atau jeruk.

Namun, jauhi bahan teh herbal yang mengandung cohosh, pennyroyal dan mugwort dan sebaiknya dihindari selama sedang hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : BabyCentre, Pregancy Question And Answers
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro