Pekerja merapikan buah apel di salah satu toko buah di Jakarta, Kamis (22/1). Kasus tercemarnya apel oleh bakteri Listeria di Amerika yang menewaskan tiga orang sehingga masyarakat Indonesia perlu mewaspadainya/Antara
Health

Apel Impor AS Terkontaminasi Bakteri Listeria, Berbahaya bagi Ibu Hamil, Kenali Gejalanya

Bambang Supriyanto
Selasa, 27 Januari 2015 - 14:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bakteri Listeria ditemukan dalam buah apel impor asal Amerika Serikat beberapa hari lalu, dan konsumen perlu berhati-hati karena bakteri ini tergolong berbahaya.

Bakteri Listeria, seperti dilaporkan Antara, telah menewaskan tiga warga sehingga masyarakat perlu mewaspadainya.

Infeksi Listeria atau dikenal sebagai listeriosis disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes.

Berikut bahayanya bakteri Listeria dari bidanku.com:

Pertama, meskipun pada umumnya Infeksi ini jarang terjadi akan tetapi dapat menyerang wanita hamil pada usia kehamilan 3 bulan terakhir, bayi yang baru lahir  dan anak-anak serta orang dewasa yang kekebalan dilemahkan oleh penyakit seperti kanker atau HIV.

Kedua, individu yang telah memiliki berbagai jenis transplantasi lebih berisiko untuk listeriosis. Bakteri Listeria dapat ditularkan melalui tanah dan air, ibu hamil juga dapat menelan listeria dengan mengkonsumsi makanan tertentu, seperti  daging yang dibekukan, keju, susu, daging ayam yang terontaminasi oleh mikroorganisme dan kerang.

Kasus infeksi listeria tidak memiliki identifikasi yang berbeda dengan gejala kehamilan normal. Infeksi Listeria dapat menimbulkan gejala seperti demam, kesulitan bernapas, muntah, lesu, kehilangan nafsu makan dan diare.

Ketiga, Ibu hamil yang mengalami listeriosis hanya mungkin mengalami gejala seperti flu ringan, meskipun demikian pemeriksaan dokter dapat membantu anda untuk memastikan kondisi kesehatan anda. Infeksi listeria akan menyebabkan risiko kelahiran prematur, keguguran, dan bayi meninggal setelah kelahiran.

Keempat, infeksi Listeria atau dikenal dengan listeriosis pada kehamilan dapat menyebabkan berbagai infeksi, termasuk terjadinya gastroenteritis yang ditandai dengan muntah dan diare, terjadinya infeksi bakteri di dalam darah bakteremia, pneumonia, meningitis, osteomielitisatau terjadinya  infeksi pada tulang, dan endokarditis atau infeksi pada lapisan di dalam jantung.

Kelima, meskipun kasus listeriosis relatif jarang ditemukan pada ibu hamil akan tetapi bagi individu yang mengalami penurunan dan masalah dengan kekebalan tubuh akan meningatkan resiko ini.

Dengan demikian, penting untuk mengetahui gejala Listeriosis dan memeriksakan pada dokter Anda. Hal ini untuk segera melakukan pengobatan dan meminimalisir infeksi serius yang dapat mengancam ibu dan janin.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro