Ilustrasi/Techprevue
Relationship

6 Tips Aman Belanja Online Agar Terhindar dari Penipuan

Fitri Rachmawati
Kamis, 5 Februari 2015 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Untuk Anda yang memiliki hobi berbelanja online sebaiknya perlu waspada agar terhindar dari penipuan. Berikut tips aman berbelanja online ala Popazop.com.

1. Cek Identitas Toko Online

Sebaiknya sebelum berbelanja ke salah satu online shopping cek terlebih dahulu identitas toko online yang dimaksud. Selain itu, lebih baik berbelanja online pada situs belanja yang biasa dikunjungi konsumen.

2. Jangan Gunakan Komputer Umum

Hindari berbelanja online menggunakan komputer umum seperti di warung internet, untuk menghindari kebocoran akun yang anda pakai. Karena dikhawatirkan Anda lupa menutup akun Anda atau memang ada orang yang jahil belanja dengan akun Anda.

3. Situs Belanja Harus Aman

Pastikan bahwa situs berbelanja yang Anda kunjungi aman. Cara paling mudah untuk mendeteksinya adalah dengan memperhatikan alamat situs belanja tersebut, dan jika di depan situs belanja tersebut tertera “https://" (secure) maka situs dipastikan aman.

“Karena terpoteksi fitur SSL (Secure Sockets Layer), di mana setiap komunikasi datanya akan melalui tahap enkripsi,” tutur Head Doku Wallet Gilbert Thanamas dalam peluncuran situs Popazop.com, baru-baru ini.

4. Pahami Prosedur Belanja Online

Sebelum berbelanja di situs belanja online sebaiknya pahami terlebih dahulu prosedur berbelanja di situs online shopping yang Anda pilih. Prosedur tersebut seperti refund (penukaran barang apabila tidak sesuai) dan lain-lain.

5. Cek Testimoni Atau Referensi Pelanggan

Ada baiknya Anda selalu mengecek testimoni pelanggan situs online shopping, agar Anda mengetahui track record situs tersebut terutama dari segi layanan.

6. Simpan Bukti Transaksi Dan Korespondensi

Walaupun hal ini sangat sederhana tetapi menyimpan bukti transaksi dan korespondensi dengan penjual merupakan hal penting.

Ketika terjadi sesuatu dengan barang pesanan Anda, misalnya barang belum sampai, tidak sesuai pesanan, atau hal buruk lainnya, Anda memiliki bukti untuk melakukan klaim kepada online shopping tersebut. (Bisnis.com)

 

BACA JUGA:

Taylor Swift Torehkan Sejarah di Tangga Album Billboard

Moon Dance, Keindahan Gaun Oriental Karya Sebastian Gunawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro