senam yophytta/Reni Efita Hendry/Bisnis.com
Health

Ini Pentingnya Senam Yophytta Untuk Ibu Hamil

Reni Efita
Selasa, 10 Februari 2015 - 19:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Selain memenuhi kebutihan nutrisi, ibu hamil perlu pula  berolah fisik dan emosi. Anmum Materna mengajak sekitar 1.000 ibu hamil  melakukan  kegiatan  Senam Anmum Yophytta yang merupakan gabungan yoga, hypnotherapy, pilates dan tai chin.

“Menjawab kebutuhan ibu hamil untuk dapat menjaga kesehatan fisik dan emosi, Anmum Materna menghadirkan Senam Anmum Yophytta yang merupakan gabungan gerakan-gerakan yoga, hypnotherapy, pilates dan tai chin," kata dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Sales Fonterra Brands Indonesia.

Gerakan-gerakan itu, katanya, diketahui baik dan bermanfaat menjaga kondisi fisik dan emosional ibu hamil sesuai dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan.  “Latihan olah fisik, seperti senam untuk ibu hamil, membantu untuk memberikan ketenangan (relaksasi) pada ibu saat menjalani proses kehamilan.

Oleh karenanya, POGI menyambut baik dan mendukung inisiatif Anmum Materna dengan Senam Anmum Yophytta untuk ibu hamil, karena terbukti mampu mempertahankan kemampuan ibu hamil untuk berpikir lebih positif, tenang/tidak stress, menjaga emosi lebih stabil, mengurangi morning sickness serta gejala-gejala mengkhawatirkan selama kehamilan," kata dr Nurdadi Saleh, SpOG, Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia (POGI).

Selain itu, katanya, senam tersebut juga dapat memperkuat otot-otot panggul dan elastisitas dinding perut, sehingga membantu ibu menghadapi proses persalinan. Secara emosional, senam ini dapat meningkatkan ikatan hubungan ibu dan bayi serta memberikan pikiran positif dalam menghadapi proses kelahiran.

Berbagai macam manfaat lainnya dari Senam Anmum Yophytta yang dapat dirasakan ibu hamil adalah dapat memperbaiki sirkulasi darah, mengurangi bengkak-bengkak, meningkatkan keseimbangan otot-otot, mengurangi risiko gangguan gastrointensitenal - termasuk sembelit, mengurangi kejang kaki atau kram, menguatkan otot perut; serta mempercepat penyembuhan setelah kehamilan.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dr Budi Santoso, Dr. SpOG (K) dan Farida Umamah dari RS Ibu dan Anak Kendang Sari, Surabaya, menunjukkan 91.67% ibu hamil merasakan penurunan tingkat kecemasan setelah mengikuti Senam Anmum Yophytta secara teratur selama satu bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro