Health

Jaga Pertumbuhan Bayi, Ibu Hamil Butuhkan Gizi Berikut Ini

Fitri Rachmawati
Selasa, 24 Februari 2015 - 12:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk membantu pertumbuhan sang bayi, ibu hamil diimbau untuk peduli terhadap ketersediaan gizi 4 sehat 5 sempurna, ditambah nutrisi tambahan seperti kalori, protein, asam folat dan zat gizi lainnya.

"Ibu hamil membutuhkan gizi 4 sehat 5 sempurna dan nutrisi tambahan karena kebutuhan nutrisi pada saat hamil bertambah hingga dua kali lipat," kata Nurdadi Saleh, Ketua Umum Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (Pogi).

Dia menyebutkan ada beberapa gizi yang dibutuhkan ibu hamil. Rinciannya sebagai berikut:
 
Kalsium

Zat ini berfungsi membantu pertumbuhan tulang, gigi, saraf, jantung dan otot bayi. Selain itu berfungsi untuk perkembangan irama jantung dan pembekuan darah.

Untuk jumlah yang dibutuhkan atau dianjurkan per harinya adalah 800 mg. Sedangkan untuk sumbernya, zat kalsium terdapat pada susu, yogurt, bayam, dan sayuran hijau lainnya,buncis, biji wijen, produk tepung terigu putih serta sereal yang diperkaya vitamin hingga mineral.
 
Tembaga

Zat ini berfungsi membantu membentuk jantung, sistem rangka dan saraf serta pembuluh darah bayi.
 
Untuk jumlah harian yang dibutuhkan 1,2 mg, sedangkan sumber yang bagus terdapat pada sayuran hijau, ikan, hati, kacang dan sereal.
 
Zat Besi

Zat ini berfungsi untuk membentuk darah merah, menyuplai oksigen ke sel sebagai energi untuk pertumbuhan, dan membentuk tulang serta gigi.

Untuk sumber makanan zat besi terdapat pada daging khususnya daging merah, ikan pilchard, buncis dan polong, telur, kacang.
 
Selain itu, terdapat juga pada roti, sereal, pasta dan chapatti, serta sayuran hijau dan buah kering. Sedangkan untuk jumlah harian yang dianjurkan untuk ibu hamil sekitar 14,8 mg per harinya.
 
Magnesium  

Zat ini berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, mengatur insulin dan kadar gula darah, membentuk dan memperbaiki jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fitri Rachmawati
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro