Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pekalongan Sabet Predikat Kota Kreatif Dunia

Indonesia boleh berbangga. Pasalnya, salah satu kota di Indonesia yakni Pekalongan berhasil menyabet predikat sebagai kota kreatif dunia bersama 19 kota dunia lainnya oleh Unesco.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 04 April 2015  |  15:02 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, PEKALONGAN- Indonesia boleh berbangga. Pasalnya, salah satu kota di Indonesia yakni Pekalongan berhasil menyabet predikat sebagai kota kreatif dunia bersama 19 kota dunia lainnya oleh Unesco.

Penganugrahan tersebut diberikan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun kota Pekalongan ke-109 pada 1 April 2015.

Untuk memeriahkan HUT Pekalongan sekaligus launching sebagai kota kreatif, diadakan beragam kegiatan di kawasan budaya Jatayu. Salah satunya pameran ekonomi kreatif, kuliner, dan seni budaya, Pekan Kreatif Nusantara 2015 pada 1 April hingga 5 April 2015.

Pameran tersebut menampilkan berbagai produk kreatif dari para pelaku usaha kecil dan menengah, antara lain batik yang menjadi icon kreatif dari Kota Pekalongan. Batik tersebut dikreasikan menjadi baju, blazer, tas, hingga sepatu. Ada pula kerajinan dari kerang, batok kelapa, tikar, dan rajutan.

Terdapat sekitar 190 stand yang diikuti 32 kabupaten kota dari 4 provinsi, 7 Kementerian, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, 4 Museum, dan 12 BUMN. Ada pula hasil kreasi anak bangsa yakni Kapal Baja produksi Pekalongan.

Di samping pameran ekonomi kreatif dan kuliner, pada malam hari acara dimeriahkan dengan beragam kesenian rakyat khas kota Pekalongan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batik pekalongan
Editor : Andhina Wulandari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top