Ilustrasi/Antara
Fashion

Pekalongan Sabet Predikat Kota Kreatif Dunia

Dewi Andriani
Sabtu, 4 April 2015 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, PEKALONGAN- Indonesia boleh berbangga. Pasalnya, salah satu kota di Indonesia yakni Pekalongan berhasil menyabet predikat sebagai kota kreatif dunia bersama 19 kota dunia lainnya oleh Unesco.

Penganugrahan tersebut diberikan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun kota Pekalongan ke-109 pada 1 April 2015.

Untuk memeriahkan HUT Pekalongan sekaligus launching sebagai kota kreatif, diadakan beragam kegiatan di kawasan budaya Jatayu. Salah satunya pameran ekonomi kreatif, kuliner, dan seni budaya, Pekan Kreatif Nusantara 2015 pada 1 April hingga 5 April 2015.

Pameran tersebut menampilkan berbagai produk kreatif dari para pelaku usaha kecil dan menengah, antara lain batik yang menjadi icon kreatif dari Kota Pekalongan. Batik tersebut dikreasikan menjadi baju, blazer, tas, hingga sepatu. Ada pula kerajinan dari kerang, batok kelapa, tikar, dan rajutan.

Terdapat sekitar 190 stand yang diikuti 32 kabupaten kota dari 4 provinsi, 7 Kementerian, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, 4 Museum, dan 12 BUMN. Ada pula hasil kreasi anak bangsa yakni Kapal Baja produksi Pekalongan.

Di samping pameran ekonomi kreatif dan kuliner, pada malam hari acara dimeriahkan dengan beragam kesenian rakyat khas kota Pekalongan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro