Ilustrasi/Hellawella
Konsultasi Fashion

KONSULTASI CANTIK: Masalah Rambut Lepek Ganggu Penampilan

Andhina Wulandari
Kamis, 9 April 2015 - 15:10
Bagikan

Dear Andhina,

Masalah rambut lepek sering aku keluhkan setiap hari. Apa karena rambutku tipis, ditambah cara aku yang salah dalam menatanya setiap hari. Mohon solusinya. Terima kasih.

Lasmaria Hutabarat ([email protected])

Jawab:

Hai Lasmaria. Masalah rambut lepek memang umum dirasakan para perempuan di negara tropis, seperti Indonesia, yang udaranya cenderung lembap. Rambut mudah berminyak dan akhirnya terlihat lepek.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Pertama, pilih model rambut yang sesuai. Jika rambut kamu cenderung tipis, hindari model layer yang berlebihan yang bisa membuat rambut terlihat lebih tipis.

Konsultasikan dengan penata rambut di salon, kira-kira model rambut apa yang bisa membuat rambut kamu terlihat bervolume.

Rambut pendek atau yang panjangnya tidak melebihi bahu akan membuat penampilan rambut tampak lebih bervolume, ketimbang rambut yang panjangnya mencapai punggung.

Kedua, perhatikan perawatan rambut kamu. Temukan sampo yang memang khusus untuk rambut berminyak atau cari sampo yang khusus memberi efek volume pada rambut.

Pilih juga perawatan rambut, misalnya masker, yang berfungsi untuk menjaga vitalitas rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Jadi meskipun rambut kamu rontok, pertumbuhan rambut baru tetap cepat. Lakukan perawatan dengan masker rambut atau deep conditioner ini setiap 2-3 minggu sekali.

Ketiga, tata rambut untuk tampak lebih lebat. Saat mengeringkan rambut dalam keadaan basah, tundukkan kepala dan sisir dari akar rambut ke ujungnya sambil menggunakan hair dryer. Gunakan sisir bulat, agar rambut tampak lebih bervolume.

Selain itu, coba trik menggunakan rol rambut atau bisa juga alat catok spiral, sedikit mousse, dan hairspray.

Berikan sedikit mousse pada rambut kering. Cara ini berguna untuk mempertahankan tatanan rambut. Kemudian gulung rambut bagian dalam dengan rol rambut atau alat catok spiral. Setelah sedikit mengembang, rapikan rambut dengan tangan lalu semprot sedikit hairspray.

Kamu juga bisa menggulung rambut agar terlihat ikal di seluruh bagian rambut. Setelah rambut tampak ikal, sisir menggunakan jari tangan, lalu semprotkan sedikit hairspray.

Dengan trik ini, rambut akan terlihat bervolume secara instan. Namun sebaiknya jangan digunakan setiap hari karena jika terlalu sering bisa merusak rambut.

Semoga jawaban ini bisa membantu masalah kamu. Selamat mencoba! (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro