Ilustrasi/Antara
Konsultasi Fashion

KONSULTASI FASHION: Busana Muslim untuk Si Bokong Besar

Andhina Wulandari
Jumat, 10 April 2015 - 13:54
Bagikan

Dear Mbak Andhina,

Mau konsultasi mix and match baju. Tubuh saya pendek, tinggi 148 cm dan berat badan 52 kg. Saya memiliki bagian bokong yang cukup besar. Saya ingin mengubah penampilan dengan memakai rok panjang dengan berhijab.

Apakah ada saran untuk model baju atau rok yang bisa saya pakai? Terima kasih.

Yuyun ([email protected])

Jawab:

Hai, Yuyun. Aturan pertama saat memakai busana muslim jika kamu bertubuh pendek, jangan sampai busana yang kamu pakai membuat kamu terlihat ‘tenggelam’.

Artinya, pilihlah ukuran busana yang pas dengan tubuh kamu, jangan terlalu besar dan jangan pula terlalu ketat. Hindari pula detail berlebihan pada baju, terutama di bagian pinggul, yang dapat mengaksentuasi bentuk tubuh kamu terlihat makin lebar.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat ilusi lebih tinggi. Salah satu caranya adalah dengan memilih busana dalam warna-warna monokrom atau satu nada.

Warna monokrom tak melulu harus hitam, karena kamu bisa memilih warna abu-abu, cokelat, atau biru. Dengan pemilihan warna senada dan ditunjang dengan sepatu yang tepat, penampilan kamu pun akan terlihat proporsional.

Jika kamu ingin memakai rok panjang, maka pilih yang bahannya tidak melekat di tubuh karena bisa membuat bokong terlihat lebar. Pilih bahan yang loose dan agak longgar di bagian pinggul, tapi bentuknya tetap lurus ke bawah, bukan melebar atau bertumpuk.

Pastikan juga panjang rok tepat di mata kaki atau bisa juga sedikit di atas mata kaki, sehingga tidak membuat kesan tubuh ‘berat’ di bagian bawah.

Untuk menyamarkan bentuk bokong yang besar, kamu juga bisa memilih kardigan panjang yang menutupi bagian bokong. Pilih kardigan model waterfall, yang bagian depannya terlihat jatuh dan bahannya lebih longgar.

Model kardigan ini tak hanya menutupi bagian bokong dan pinggul, namun juga bisa membuat ilusi tubuh lebih ramping.

Selain menggunakan rok, kamu juga bisa mencoba maxi dress atau busana terusan yang panjangnya hingga ke mata kaki. Banyak yang beranggapan maxi dress tak bisa dipakai perempuan bertubuh pendek, tapi pemilihan model yang tepat akan membuat penampilan kamu terlihat menarik.

Terakhir, jangan abaikan pemilihan sepatu yang tepat. Sebaiknya pilih sepatu yang memiliki hak. Jika kamu tidak terbiasa memakai hak tinggi, bisa mencoba kitten heels atau sepatu dengan hak sekitar 3 cm.

Kamu juga bisa memilih sepatu model wedges yang lebih nyaman, tapi pastikan bentuk haknya ramping dan tidak melebar. Bentuk hak wedges yang terlalu tebal juga akan membuat tubuh terlihat tidak proporsional. Semoga saran ini membantu. (Bisnis.com)

 

Bagi Anda yang ingin berkonsultasi seputar padu padan busana dan kecantikan, kirimkan pertanyaan melalui email ke [email protected] dengan subject: KONSULTASI FASHION.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro