Panasonic Gobel Awards Pastikan Penilaian Dilakukan Independen

Pihak panitia Panasonic Gobel Awards memastikan pemilihan nominator dan pemenang dilakukan secara independen.
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 26 Mei 2015  |  19:35 WIB
Panasonic Gobel Awards Pastikan Penilaian Dilakukan Independen
Panasonic Gobel Awards 2015 - Panasonicgobelawards.com

Bisnis.com, JAKARTA- Pihak panitia Panasonic Gobel Awards memastikan pemilihan nominator dan pemenang dilakukan secara independen.

Hal tersebut dikemukakan oleh HRS Direction PT Panasonic Gobel Indonesia Wendy Syofyan dalam kunjungannya ke kantor Bisnis Indonesia, Selasa (26/5/2015), bersama dengan Corporate Communication Manager PT Panasonic Gobel Indonesia Viya Arsawireja dan Project Manager Panasonic Gobel Awards Muhammad Farhan.

Menurut Wendy, pemilihan nominator untuk ajang penghargaan ini didasarkan pada survei Nielsen dan media sosial. Selanjutnya, pemilihan pemenang akan berdasarkan voting pemirsa melalui SMS dan Twitter. (SIMAK: Daftar Lengkap Nominasi Panasonic Gobel Awards 2015)

“Penghitungan voting pun diaudit oleh Ernst & Young, sehingga hasilnya akan tetap rahasia sampai akhirnya dibacakan pada malam penghargaan,” jelas Wendy.

Sementara itu, Muhammad Farhan mengatakan ada sebanyak 350.000 suara sah yang masuk ke panitia, setelah dilakukan penyaringan. Penyaringan itu untuk melihat apakah SMS atau pesan di Twitter tersebut merupakan asli, pengulangan, atau justru dilakukan oleh mesin.

“Hingga saat ini, ada sebanyak 350.000 suara sah yang masuk ke panitia, baik melalui pesan singkat maupun media sosial Twitter,” kata Muhammad Farhan.

Angka ini, menurutnya, naik hampir dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, sebanyak 175.000 suara sah.

Farhan juga mengatakan pihaknya telah menganulir lebih dari 50 persen sms yang masuk karena dinilai tidak sah atau merupakan pengulangan, sehingga satu orang hanya dihitung satu suara.

Meski ditayangkan secara langsung di RCTI, Wendy tetap menegaskan bahwa perhitungan hasil voting tetap dilakukan pihak Panasonic Gobel Awards. Selain itu, tidak ada sponsor lain sehingga tidak memungkinkan adanya intervensi yang mengubah hasil voting.

“Dari 27 kategori, nominator untuk 25 kategori berdasarkan hasil survei Nielsen. Sedangkan dua kategori, yaitu Special Event dan Berita, memberi kesempatan pada stasiun televisi untuk mendaftarkan acara mereka. Pendaftaran itu pun tidak dipungut bayaran,” ujar Wendy.

Panasonic Gobel Awards akan ditayangkan secara langsung pada Kamis (28/5/2015) pukul 21.00 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
infotainment

Editor : Andhina Wulandari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top