Ilustrasi/Nomblog
Relationship

Wanita Menopause Tetap Disarankan Bercinta dengan Pasangan

Duwi Setiya Ariyanti
Kamis, 28 Mei 2015 - 00:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Masa berhentinya siklus menstruasi atau menopause memang akan membawa dampak negatif. Kendati demikian, hal tersebut tak boleh menyurutkan gairah bercinta.

Psikolog Seksual Zoya Amirin mengatakan perubahan hormonal dan emosi memang terjadi saat memasuki fase ini. Namun, bukan berarti perempuan menjadi enggan berhubungan seks. Pasalnya, berhubungan seks menjadi cara menjaga keintiman dalam berumah tangga.

"Jangan percaya kalau wanita menopause enggak diizinkan berhubungan seks. Mitos itu," ujarnya usai diskusi Papa Keras, Mama Puas, Hidup Berkualitas! di Hotel Morissey, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Berhubungan seksual, tuturnya, bisa meredam gejolak emosi yang muncul saat menopause. Dengan teratur berhubungan seks bisa memperbaiki kondisi model dan keromantisan bersama suami.

"Kalau hubungan seks oke, enggak akan mengalami gejolak emosi saat menopause," katanya.

Keberhasilan dalam hubungan menjadi kebanggaan bagi kaum hawa. Pasalnya, meskipun karir seorang perempuan berada di puncak tak akan lengkap tanpa hubungan yang harmonis.

Sementara, karir menjadi prioritas utama dan kebanggaan bagi laki-laki. Oleh karena itu, bila telah mapan laki-laki baru mau memperhatikan kehidupan personalnya dalam menjalin hubungan. Jangan sampai, katanya, keadaan yang berubah akibat menopause justru mendorong suami untuk berhubungan seks dengan perempuan lain karena merasa tak percaya diri.

"Jangan menghindari untuk berhubungan apalagi mengizinkan suami berhubungan seks dengan perempuan lain karena tetap berhubungan seks dengan suami bisa menjadi self esteem," katanya.

Apa pun yang terjadi, tutur Zoya, tetap menjaga komunikasi dengan pasangan. Jangan menganggap seks sebagai hal yang terlalu serius karena akan menjadi beban dan penghambat keberhasilan saat berhubungan.

Dia pun menyarankan agar bercanda atau menggoda pasangan sebelum mulai bercinta. Lalu, menanyakan apa yang akan dilakukan dan diinginkan pasangan.

"Yang paling salah, sering berasumsi. Idealnya, sebelum hubungan seks ngobrol, bercanda atau flirting dulu karena itu membantu untuk tahu apa yang diinginkan pasangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro