Kacang/nutofthemonthclub.com
Health

Makan Kacang Kurangi Risiko Kematian

Dimas Novita Sari
Kamis, 11 Juni 2015 - 15:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Sebuah studi mengungkapkan makan kacang sebanyak setengah genggam tangan atau sekitar 10 gram sehari ternyata mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit pernapasan dan saraf seperti demensia.

Para peneliti menyatakan kebiasaan baik tersebut dapat mengurangi risiko diabetes, kanker, serangan jantung, dan stroke. Efek tersebut ditemukan sama baiknya pada wanita dan pria yang memakan kacang seperti kacang mete, almond, kenari, dan sebagainya.

Namun, manfaat itu tidak terjadi ketika makan selai kacang, karena kandungan garam dan minyak nabati yang ada dalam selai diperkirakan menghilangkan efek baik yang dihasilkan kacang.

Pemimpin penelitian dari Maastricht University, Profesor Piet van den Brandt mengatakan penemuan tersebut sangatlah luar biasa.

"Namun, asupan kacang yang lebih banyak, tidak berhubungan dengan penurunan lebih lanjut dalam risiko kematian," katanya seperti yang dilansir Dailymail, Kamis (11/6/2015).

Studi tersebut menggunakan data dari Netherlands Cohort Study yang telah berjalan sejak 1986, melibatkan 120.000 laki-laki dan perempuan Belanda yang berusia 55-69 tahun.

Kemudian, para peneliti melihat hubungan antara seberapa sering para responden mengonsumsi kacang, selai kacang, dan makanan yang terbuat dari kacang dengan kematian yang disebabkan oleh berbagai penyakit.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro