Ilustrasi/Picsora
Health

Anak Punya Ingatan Bagus Cenderung Pintar Berbohong

John Andhi Oktaveri
Senin, 22 Juni 2015 - 11:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Kelompok anak-anak yang memiliki ingatan bagus cenderung lebih pandai berbohong, menurut peneliti psikologi anak.

Dalam penelitian itu mereka menguji anak-anak berumur enam dan tujuh tahun. Mereka diberi kesempatan untuk berbuat curang dalam suatu permainan kecil dan kemudian berbohong mengenai perbuatannya.

Para bocah yang pandai berbohong, juga lebih baik dalam menjalani ujian ingatan verbal -jumlah kata yang mereka bisa ingat. Itu artinya, mereka pandai memutar-balik banyak informasi, bahkan ketika mereka berkisah tentang bualan yang tidak masuk akal, menurut Journal of Experimental Child Psychology sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Senin (22/6/2015).

Para peneliti Universitas North Florida merekrut 114 anak dari empat sekolah di Inggris untuk eksperimentasi itu.

Penelitian itu menemukan bahwa jika anak berbohong, artinya mereka cakap dalam berpikir. Artinya anak punya kemampuan untuk memelihara dalih yang bagus untuk menutupi kebohongan mereka.

Dalam tes memori yang terpisah ternyata mereka yang pandai berbohong menunjukkan bahwa mereka memiliki pengelolaan ingatan tentang kata-kata yang lebih baik. Akan tetapi mereka tidak menunjukkan tanda bisa mengingat gambar dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : bbc.co.uk
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro