Sistem pernapasan/interactive-biology.com
Health

KANKER PARU-PARU: Bila Gejala ini Muncul, Segera CT-Scan Thorax

News Editor
Rabu, 8 Juli 2015 - 22:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ahli kesehatan mengungkapkan kanker paru-paru tergolong jenis penyakit mematikan yang perkembangannya cukup agresif, sehingga dibutuhkan tindakan yang lebih agresif untuk mencegahnya.

"Kanker paru-paru tergolong penyakit yang sangat agresif (perkembangannya). Salah satu cara untuk mencegahnya, kita harus lebih agresif," ujar Spesialis bedah jantung dan paru-paru dari Rumah Sakit Gleneagles Singapura, dokter Su Jang Wen, Rabu.

Jang Wen mengatakan tindakan agresif dalam hal ini ialah melakukan deteksi dini yakni CT-Scan Thorax dengan radiasi rendah, terutama bila mengalami gejala-gejala seperti sulit bernafas dan batuk tidak kunjung sembuh.

"Sulit bernafas, sering batuk, sebenarnya bisa menjadi gejala awal kanker paru-paru, namun hal ini seringkali tidak dianggap serius. Baru disadari jika sudah stadium akhir (4)," katanya.

Dia menambahkan, semakin dini terdeteksi, maka harapan hidup penderita bisa semakin besar. Kanker paru-paru tergolong kanker paling mematikan saat ini. Kebanyakan penderita baru mengetahui penyakit ini setelah memasuki stadium akhir (4).

"Bila sudah masuk stadium 4, penyakit sulit disembuhkan. Sebanyak 95%penderita biasanya meninggal dalam kurun waktu sekitar empat bulan," ujarnya.(antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro