George Calombaris/brw.com.au
Kuliner

Kuliner Indonesia Belum Bisa Mendunia, Apa yang Salah?

Wike Dita Herlinda
Rabu, 19 Agustus 2015 - 17:14
Bagikan

5. Maksimalkan Unsur Lokal

Dalam kunjungannya ke Jakarta belum lama ini, chef kelas dunia asal Australia George Calombaris mengatakan salah satu resep mengorbitkan kuliner khas suatu daerah adalah dengan memanfaatkan unsur lokal daerah tersebut, termasuk bahan-bahan yang digunakan.

Pemilik restoran bergengsi The Press Club itu mengaku sangat menyayangkan warga Indonesia yang belum terlalu menyadari pentingnya berpegang teguh pada cita rasa tradisional.

Padahal, dia beranggapan Indonesia selangkah lebih maju dibandingkan Australia dalam hal kekayaan warisan tradisional. Baginya, nilai tambah itulah yang harus ditonjolkan dalam setiap promosi kuliner.

“Di Australia tidak ada hal-hal semacam itu. Tapi kenapa masakan saya bisa dikenal? Karena saya memastikan masakan saya adalah otentik Australia, setiap bahan yang saya gunakan adalah produk lokal. Kuncinya adalah berpegang pada keragaman tradisi.”

Apa yang dicari konsumen di luar negeri, lanjutnya, adalah pengalaman menyantap hidangan dengan suasana dan penyajian yang khas. Semakin menonjolkan kekhasan nilai-nilai lokal, semakin berharga pengalaman berkuliner yang didapatkan.

Di tengah upaya gencar untuk menjadikan masakan Indonesia dikenal dunia, mungkinkah kita menyadari elemen lokal yang terabaikan itu. Jadi sudah waktunya, mungkin, kita berpikir bagaimana merestorasi selera khas Nusantara di negeri orang. Benar kan?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro