Logo Perpustakaan Digital Budaya Indonesia/budaya-indonesia.org
Musik

Lagu Daerah: Lembaga Ini Dokumentasikan 1.070 Lagu Tradisional Indonesia

Azizah Nur Alfi
Senin, 26 Oktober 2015 - 11:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bandung Fe Institute dan komunitas Sobat Budaya melakukan pendataan terhadap musik tradisional di Indonesia. Hasilnya, dari pendataan tersebut terdokumentasikan setidaknya 1.070 lagu tradisional melalui situs www.budaya-indonesia.org. Data-data tersebut tersebar dari Aceh hingga ke Papua.

Presiden Bandung Fe Institute Hokky Situngkir menuturkan musik tradisional di Indonesia sangat beragam. Setiap daerah memiliki lagu tradisional yang khas. Dari keragaman lagu tradisional ini, maka Bandung Fe Institute melakukan pemetaan terhadap keragaman musik tradisional yang ada di Indonesia.

Dia mengatakan langkah awal dalam pemetaan ini yakni melakukan proses penyaringan, agar mendapatkan lagu yang benar-benar asli dari Indonesia. Karakterisitik setiap lagu kemudian diukur melalui pendekatan fisika statistik dan termodinamika.

Parameter-parameter hasil perhitungan tersebut kemudian dianalisis pendekatan pohon evolusi yang berkembang dalam kajian biologi evolusioner. Dari rangkaian penelitian panjang tersebut akhirnya lahirlah Peta Lagu Tradisional Indonesia, yang merepresentasikan perkembangan dan kekerabatan antar lagu-lagu tradisional di Indonesia.

Ini kemudian dituangkan dalam aplikasi Peta Lagu Tradisional Indonesia yang dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan iOS. Para pengguna Android dapat mengaksesnya http://tiny.cc/androidMusik. Sementara itu para pengguna iOS (iPhone, iPad dan iPod touch) dapat mengunduhnya di http://tiny.cc/iOS-Musik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro