5 Cara Merelaksasi Pikiran Anda

Rasa khawatir, tuntutan pekerjaan, aktivitas harian, dan sejumlah masalah dalam hidup bisa membuat seseorang memiliki beban pikiran yang berlebihan.
Mia Chitra Dinisari | 02 November 2015 08:45 WIB
Ilustrasi - Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA—Rasa khawatir, tuntutan pekerjaan, aktivitas harian, dan sejumlah masalah dalam hidup bisa membuat seseorang memiliki beban pikiran yang berlebihan.

Akibatnya, potensi terserang berbagai penyakit termasuk stress mudah terjadi. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang tidak sehat membuat mereka yang memiliki aktivitas tinggi rentan memiliki masalah kesehatan terutama yang berkaitan dengan pencernaan.

Menjaga pikiran adalah hal yang sangat penting. Karena pada dasarnya penyakit yang dirasakan mensugesti diri Anda untuk tetap sehat atau merasakan sakit tersebut.

Umumnya, mereka yang lebih tenang menghadapi masalah akan terhindar dari stress dan masalah kesehatan lainnya. Karena itulah banyak para ahli dan dokter menyarankan pasiennya agar lebih santa atau merileksasi pikiran mereka dari rutinitas keseharian yang padat.

Menurut pelatih relaksasi Jane Jackson, sering terikat dengan Jaringan internet bisa memberikan efek stress yang cukup besar. Makin lama waktu Anda di depan computer juga bisa mengganggu kehidupan Anda, seperti menimbulkan insomnia yang bisa memicu penyakit lainnya.

Berikut 5 cara merelaksasi pikiran Anda seperti dikutip dari timesofindia.com:

Lakukan hobi Anda

Jika Anda tidak bisa bersantai, dan menenangkan pikiran, maka hal yang akan terjadi pastinya Anda akan merasa stress. Dan jangan terus berpikir Anda perlu relaksasi atau liburan lari dari kesibukan Anda. Menenangkan pikiran tidak perlu hal yang berbau liburan, traveling atau lainnya. Cukup tidur, membaca buku atau melakukan hobi ANda lainnya juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk relaksasi.

Jangan terlalu banyak berpikir

Jangan memperhatikan sesuatu yang khusus yang bisa menguras energy Anda. Menurut ahli matematika di Case Western Reserve University, akibatnya Anda akan memberikan

Kata Atul Vyas, yoga guru Jaipur berbasis, "Yoga mengajarkan Anda untuk fokus pada satu titik, tapi itu bisa stres Anda lebih. Jadi, hanya menjadi. Cobalah untuk tidak fokus pada satu titik. Jangan membuat aturan untuk pikiran.

Belajar menerima

Ini adalah 'keajaiban' cara untuk bersantai. Apapun yang terjadi di sekitar Anda, dalam hidup Anda - baik atau buruk - hanya menerimanya. Jangan berjuang atau melawan apa yang terjadi. Anda akan membuang energy sendiri dengan percuma.

Jangan mengejar kesempurnaan

Kebanyakan orang berusaha mengejar kesempurnaan dalam hidup dan pekerjaan mereka. Sehingga membuat hidup mereka terdikte untuk mencapai target tersebut. Dengan menetapkan standar Anda terlalu tinggi, maka akan ada sedikit rasa sakit dan kekecewaan jika Anda sulit mencapainya.

Sederhanakan tujuan hidup Anda, lakukan beberapa restrukturisasi kebiasaan, dan jangan mengejar kesempurnaan hidup.

Yakin hidup tidak ada yang pasti

Jangan mencoba untuk mengontrol hidup Anda terlalu erat. Karena hidup itu adalah hal yang tidak pasti. Menikmati hidup apa adanya, tanpa berharap terlalu berlebihan dan menjalankan apa yang ada di depan Anda, adalah jalan yang terbaik.

Sumber : timesofindia.com

Tag : tips
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top