Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Tips Menjaga Keamanan Akun Facebook

Memiliki akun Facebook sudah menjadi hal yang jamak hari ini. Media sosial besutan Mark Zuckerberg ini memang digandrungi berbagai kalangan mulai dari usia muda hingga kalangan berumur.
Rezza Aji Pratama
Rezza Aji Pratama - Bisnis.com 17 Februari 2016  |  15:56 WIB
Facebook - Reuters
Facebook - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Memiliki akun Facebook sudah menjadi hal yang jamak hari ini. Media sosial besutan Mark Zuckerberg ini memang digandrungi berbagai kalangan mulai dari usia muda hingga kalangan berumur.

Penggunaan Facebook untuk aktvitas sehari-hari tentu menyenangkan. Namun, dengan berbagai ancaman spam dan pembajakan, menggunakan Facebook juga harus dilakukan dengan hati-hati. Tim Facebook memberikan sejumlah tips yang bisa dilakukan secara berkala agar berselancar di Facebook bisa lebih aman dan nyaman.

1. Lakukan pemeriksaan privasi (privacy checkup)

Privacy checkup memiliki tiga tahapan untuk mengatur apa yang akan anda share, dan membantu memastikan bahwa hanya orang-orang tertentu yang anda inginkan untuk melihat poostingan anda.

Privacy checkup selalu tersedia di shortcut Privasi yang ada di desktop (klik simbol gembok yang ada di bagian kanan atas layar desktop Anda). Privacy Checkup juga akan diluncurkan di mobile secara global dan akan tersedia untuk setiap orang dalam beberapa minggu mendatang.

2. Lakukan pemeriksaan Keamanan

Anda dapat lebih memantau dan mengontrol akun Facebook Anda dengan mengaktifkan beberapa pilihan fitur keamanan. Belajar dari kesuksesan Privacy Checkup, Facebook membuat fitur yang serupa bernama Security Checkup untuk membantu pengguna dalam mengakses beberapa fitur keamanan yang tersedia  di akun mereka secara cepat dan mudah. (Cara pengaturan ini dapat diakses kapan saja pada pengaturan keamanan). Dengan menggunakan Security Checkup, Anda dapat melakukan tindakan yang membantu menjaga keamanan

akun Anda, seperti:

Log out dari perangkat yang sudah tidak terpakai, peringatan login, dan menggunakan password yang cukup sulit dan unik.

Security Checkup telah tersedia secara global di desktop dan Android. Di desktop, Anda dapat segera menuju Facebook.com/securitycheckup dan ikuti tiga tahapannya. Di Android, Anda dapat menemukan Security Checkup di bagian Pusat Bantuan Facebook pada aplikasi Facebook Anda.

3. Lakukan kontrol terhadap informasi yang ingin Anda share pada aplikasi

yang menggunakan Facebook login

Apakah Anda pernah menggunakan akun Facebook untuk login ke sebuah aplikasi baru? Kebanyakan dari Anda pasti pernah melakukan hal ini – lebih dari 80% dari 100 aplikasi terpopuler memiliki pilihan untuk login dengan Facebook.

 Pilihan ini membuat Anda dapat login ke sebuah aplikasi tanpa perlu membuat username dan password baru lagi. Jadi apa yang perlu Anda ketahui saat Anda login? Saat ini ada cara mudah dan cepat untuk mengontrol informasi apa saja yang dapat dibagikan kepada sebuah aplikasi

(seperti hal mengenai kesukaan Anda, foto, tanggal ulang tahun, kota kelahiran, dan lain-lain)

Ketika Anda login ke sebuah aplikasi dengan menggunakan Facebook Login,  Anda dapat mengklik “Edit Info yang Ingin Anda Bagikan”. Pilihan ini akan memberikan Anda sebuah daftar dari semua informasi personal yang diminta oleh aplikasi tersebut. Anda dapat memberikan check atau uncheck pada daftar informasi yang ingin Anda berikan kepada aplikasi tersebut. Selain itu, Anda tidak perlu takut apabila aplikasi tersebut akan menampilkan sebuah postingan

pada timeline Anda tanpa seizin Anda – dengan Facebook Login, Anda dapat memilih agar aplikasi tersebut hanya dapat menampilkan postingan dengan seizin Anda.

4. Mengatur tampilan News Feed Anda

Facebook memberikan Anda fitur untuk mengontrol apa saja yang dapat Anda lihat. Gunakan kesempatan ini untuk membersihkan tampilan News Feed Anda dan pastikan Anda hanya akan melihat postingan sesuai dengan keinginan Anda saat Anda mengunjungi Facebook.

Anda dapat menemukan cara terbaik untuk mengontrol News Feed melalui preferensi News Feed. Anda hanya perlu memilih “Tampilkan lebih banyak” pada bagian pojok kanan bawah pada aplikasi mobile Anda. Di sini Anda dapat memilih siapa saja teman dan Pages yang akan Anda lihat di bagian teratas

News Feed Anda, sehingga Anda dapat memprioritaskan postingan dan memastikan Anda tidak melewatkan postingan dari Pages dan sejumlah teman terdekat Anda. Pada bagian preferensi News Feed, pilih pada bagian foto profil teman Anda untuk melihat postingan mereka di bagian atas. Kemudian di bagian atas News Feed Anda akan melihat berbagai postingan baru yang mereka sharesejak terakhir kali Anda mengunjungi Facebook. Dengan simbol bintang di bagian kanan atas pada postingan mereka, sehingga Anda mengetahui mengapa postingan mereka muncul di bagian teratas. Lalu Anda dapat menelusuri postingan lainnya di News Feed secara normal.

5. Perbaharui profil Anda

Anda dapat menampilkan tampilan foto terbaik dengan dalam waktu 5 hingga 10 menit dan memperbaharui profil Anda.

Pastikan bahwa informasi profil Anda selalu baru dan akurat. Pilih bagian item spesifik pada profil Anda untuk menambah, mengedit atau menghapus informasi. Bagian “Tentang Anda” adalah tempat yang paling tempat untuk memperbaharui informasi mengenai diri Anda.

Perbarui profil foto dan cover foto Anda dengan sesuatu yang baru. Coba salah satu fitur terbaru kami yang memberikan sebuah dimensi berbeda untuk profil Anda:

Video Profil: Anda dapat membuat sebuah film pendek, berupa clip video (dengan durasi hingga 7 detik) yang akan diputar saat siapapun mengunjungi profil Anda. Video profil akan muncul di bagian atas profil Anda sama seperti foto profil Anda. Saat ini, Anda hanya dapat menambahkan video profil melalui iPhone. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook akun
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top