Relationship

5 Tips Agar Tidak Boros

Mia Chitra Dinisari
Senin, 11 April 2016 - 11:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Semua orang tahu sangat penting untuk menentukan prioritas keuangan dalam setiap pengeluaran. Terutama ketika Anda menerima gaji bulanan.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mampu mengatur keuangan, sehingga menimbulkan permasalahan keuangan yang berujung pada lebih besar pasak daripada tiang. Apakah Anda salah satu yang demikian?

Kondisi tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan orang dalam mengatur keuangan bulanannya. Sehingga dia tidak mampu mengontrol kebutuhan dan membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Sangat penting untuk memprioritaskan kebutuhan penting Anda dibandingkan keinginan Anda yang pastinya tidak akan ada habisnya. Agar tidak terjebak dalam situasi seperti ini, berikut beberapa tips untuk mengatur keuangan Anda.

Miliki beberapa rekening tabungan

Memiliki satu rekening tabungan saja untuk semua uang yang Anda miliki adalah pilihan yang buruk. Karena hal tersebut bisa membuat Anda mudah menghabiskannya dan menariknya dari atm kapanpun Anda mau,

Sebaiknya miliki beberapa rekening bank, dan simpan dana Anda secara terpisah. Misalnya saja uang untuk kebutuhan sehari-hari, untuk membayar utang, dan untuk tabungan Anda.

Buat daftar kebutuhan

Untuk menghindari masalah pengaturan keuangan, buat daftar kebutuhan Anda tiap bulannya secara rutin. Dan jangan keluar dari daftar tersebut yang membuat Anda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Yang pertama harus Anda prioritaskan adalah membayar tagihan Anda. Misalnya angsuran kredit rumah, mobil, dan kartu kredit. Kemudian sisihkan untuk kebutuhan harian, untuk makan, transportasi yang menjadi prioritas kedua

Potong pengeluaran

Kadang kita berpikir memotong pengeluaran yang kecil tidak akan berdampak pada penghasilan Anda. Padahal itu salah. Memoting pengeluaran sedikit demi sedikit akan membuat Anda bisa mengurangi pengeluaran dan pada akhirnya meningkatkan dana yang bisa disisihkan untuk kebutuhan yang lebih pentinga atau untuk tabungan Anda.

Menabung sebelum berbelanja

Ini salah satu yang sulit. Kebanyakan orang menabung dari uang yang tersisa. Namun seharusnya Anda mulai menabung sebelum berbelanja dan mengatur pengeluaran Anda. Hal ini akan membuat Anda terbiasa menabung untuk masa depan.

Cek rutin pengeluaran Anda

Cek rutin pengeluaran Anda setiap bulan dan setiap habis membelanjakan sesuatu. Jangan sampai ada yang terlewat. Ini untuk menghindari Anda membeli sesuatu di pertengahan bulan yang menjadi pengeluaran tambahan Anda. Selain penting untuk mengetahui berapa besar uang Anda yang masih ada, juga penting agar Anda menahan diri untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : femalefirst.co.uk
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro