Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TP-PKK: Perempuan di Daerah Harus Diselamatkan dari Kanker Rahim

Ketua Tim Penggerak-Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sulawesi Utara Ritha Dodokambey-Tamuntuan menyatakan perempuan di daerah ini harus diselamatkan dari penyakit kanker mulut rahim.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 April 2016  |  22:36 WIB
TP-PKK: Perempuan di Daerah Harus Diselamatkan dari Kanker Rahim
Ilustrasi - ugandacancersociety.org

Kabar24.com, MANADO - Ketua Tim Penggerak-Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sulawesi Utara Ir Ritha Dodokambey-Tamuntuan menyatakan perempuan di daerah ini harus diselamatkan dari penyakit kanker mulut rahim.

"Program ini merupakan inisiatif awal dari Ibu Negara RI Iriana Widodo melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker, baik kanker rahim termasuk kanker payudara," kata istri Gubernur Olly Dondokambey di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sabtu (23/4/2016).

Karena itu, dia mengharapkan kesusksesan program Ibu Negara ini hendaknya ditanggapi secepatnya, dan apabila ada informasi penyakit ini segeralah memberikan pelayanan secara cepat sehingga tidak memberikan risiko fatal bagi perempuan.

Dia menambahkan arahan Ibu Negara saat pencanangan program ini diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat pusat sampai ke daerah provinsi hingga kabupaten dan kota. "Kami juga berharap TP-PKK perlu juga didukung dinas kesehatan serta badan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," ajaknya.

Menurut dia, kesehatan organ wanita penting diperhatikan dan dapat diupayakan dengan gerakan cegah kanker melalui deteksi dini. "Saat ini ada upaya pencegahan kanker melalui tes inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) dan itu gratis di puskesmas-puskesmas yang telah dipilih dinas kesehatan," katanya.

Karena itu harap dia, semua perempuan intensif melakukan pengecekan status kesehatannya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Mari kita sukseskan program ini, kita selamatkan perempuan Sulut dari kanker mulut rahim dan kanker payudara. TP-PKK akan mendukung penuh program Ibu Negara ini," ajaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker rahim

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top