Founder dan CEO Bukalapak.com, Achmad Zaky/aNTARA
Fashion

Bermasalah Mengatur Waktu? Ini Tipsnya

Azizah Nur Alfi
Senin, 25 April 2016 - 02:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama 24 jam. Namun, sebagian orang bisa berakhir sukses, sementara yang lain biasa saja. Bagi Puteri Indonesia 2008, Zivanna Letisha, salah satunya dipengaruhi kemampuan mengatur waktu.

"Bagi saya waktu lebih berharga dari uang. Karena uang bisa diperoleh lagi, sementara waktu tidak bisa kembali," katanya saat meluncurkan buku Trik Juara Mengatur Waktu.

Dalam buku tersebut, Zivanna membagi tipsnya bagaimana mengatur waktu. Pertama, kenali diri sendiri. Apakah masuk dalam kategori morning person yakni orang yang produktif bekerja pada pagi hari atau burung hantu yakni orang yang produktif bekerja pada malam hari. Selanjutnya, membuat perencanaan dan target yang harus dilakukan.

"Tidak ada yang salah dari keduanya. Tinggal bagaimana mengatur waktu sesuai dengan karakter kita, mengatur energi kita agar bisa bekerja produktif," sarannya.

Tips lain datang dari CEO Bukalapak, Achmad Zaky. Dia mengenalkan konsep membeli waktu. Caranya, mendelegasikan pekerjaan yang bisa dilakukan oleh orang lain. Melalui cara itu, dia menyampaikan kekuatan sebuah tim.

Menurutnya, untuk mencapai sebuah mimpi, tidak semua harus dikerjakan sendiri. Perlu orang lain juga untuk mengerjakan. Hasilnya, saat ini dirinya sudah memiliki 350 karyawan

Kedua, berani berkata tidak pada hal-hal yang tidak masuk fokus pekerjaan. Menurutnya, menerima segala macam tawaran undangan atau proyek lain akan merusak fokus, sehingga hasil yang sedang dikerjakan tidak maksimal.

"Saat ini 99% undangan yang masuk, saya tolak. Memang saya harus berdasar pada prioritas," tipsnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro