Representasi permukaan virus Zika/Purdue University-Tim Riset Richard Kuhn-Michael Rossmann
Health

VIRUS ZIKA: WHO Anjurkan Tidak Berhubungan Intim Selama 8 Minggu

Juli Etha Ramaida Manalu
Selasa, 31 Mei 2016 - 18:57
Bagikan

Kabar24.com, JENEWA - Orang-orang yang baru kembali dari perjalanan ke negara yang terjangkit virus Zika  harus mengikuti aturan hubungan intim yang aman.

Juru bicara Christian Lindmeier mengatakan rekomendasi dari WHO yang menggandakan periode pantangan tersebut disarankan setelah para ilmuan menemukan virus tersebut tetap hidup lebih lama dalam darah atau cairan tubuh lainnya dari yang diperkirakan.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk tidak melakukan hubungan intim sama sekali sedikitnya delapan minggu sejak kembali dari negara yang terjangkit virus ini.

“Orang-orang harus menerapkan praktik seks sehat atau tidak melakukan hubungan seks sama sekali selama sedikitnya delapan minggu sejak mereka kembali dari negara yang terjangkit virus Zika,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (31/5/2016).

Dia mengatakan para ilmuan masih menginvestigasi seberapa lama virus ini dapat terdeteksi dalam air liur. Namun, sejauh belum ada hasil yang bisa disimpulkan dari tes yang diadakan.

“Semua ini dilakukan agar kita bisa mengetahui dimana saja virus ini akan hidup dan seberapa lama virus ni bisa bertahan hidup di bagian tersebut,” katanya.

Sementara itu, wanita yang ingin memiliki anak harus menunggu hingga enam bulan jika pasangannya menunjukkan gejala yang merujuk kepada infeksi virus Zika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro