Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

VIRUS ZIKA: WHO Anjurkan Tidak Berhubungan Intim Selama 8 Minggu

Orang-orang yang baru kembali dari perjalanan ke negara yang terjangkit virus Zika harus mengikuti aturan hubungan intim yang aman.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 31 Mei 2016  |  18:57 WIB
Representasi permukaan virus Zika - Purdue University/Tim Riset Richard Kuhn/Michael Rossmann
Representasi permukaan virus Zika - Purdue University/Tim Riset Richard Kuhn/Michael Rossmann

Kabar24.com, JENEWA - Orang-orang yang baru kembali dari perjalanan ke negara yang terjangkit virus Zika  harus mengikuti aturan hubungan intim yang aman.

Juru bicara Christian Lindmeier mengatakan rekomendasi dari WHO yang menggandakan periode pantangan tersebut disarankan setelah para ilmuan menemukan virus tersebut tetap hidup lebih lama dalam darah atau cairan tubuh lainnya dari yang diperkirakan.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk tidak melakukan hubungan intim sama sekali sedikitnya delapan minggu sejak kembali dari negara yang terjangkit virus ini.

“Orang-orang harus menerapkan praktik seks sehat atau tidak melakukan hubungan seks sama sekali selama sedikitnya delapan minggu sejak mereka kembali dari negara yang terjangkit virus Zika,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (31/5/2016).

Dia mengatakan para ilmuan masih menginvestigasi seberapa lama virus ini dapat terdeteksi dalam air liur. Namun, sejauh belum ada hasil yang bisa disimpulkan dari tes yang diadakan.

“Semua ini dilakukan agar kita bisa mengetahui dimana saja virus ini akan hidup dan seberapa lama virus ni bisa bertahan hidup di bagian tersebut,” katanya.

Sementara itu, wanita yang ingin memiliki anak harus menunggu hingga enam bulan jika pasangannya menunjukkan gejala yang merujuk kepada infeksi virus Zika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hubungan seks who virus zika

Sumber : Reuters

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top