Ilustrasi/Sheknows
Health

Ternyata Menyikat Gigi Hanya Bersihkan 25% Rongga Mulut

Veronika Yasinta
Minggu, 12 Juni 2016 - 16:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kerap menyikat gigi ternyata tidak lantas membersihkan keseluruhan rongga mulut sehingga permasalahan seputar kesehatan gigi dan rongga mulut sering dialami.

Dokter Gigi Oktri Manessa dari Oktri Manessa Dental Care mengatakan proses membersihkan gigi dengan menyikat belum menuntaskan kebersihan rongga mulut secara menyeluruh karena menyikat gigi hanya menjangkau 25% bagian dari rongga mulut. 

Dalam rongga mulut terdapat bagian lainnya seperti gusi, lidah, bagian dalam pipi, langit-langit mulut, dan sebagainya. Sikat gigi juga masih sulit menjangkau seluruh area gigi seperti area yang rentan pembentukan plak seperti sela-sela gigi dan perbatasan gigi.

"Kalau menyikat gigi saja berarti tidak membersihkan bagian mulut lain. Padahal bakteri juga bersarang di bagian mulut lainnya selain gigi," tulisnya dalam akun instagram @drg_oktrimanessa, Minggu (12/6/2016).

Untuk dapat membersihkan seluruh bagian di rongga mulut, dia menyarankan untuk biasakan berkumur. Selain itu, penggunaan benang gigi atau flossing setelah menyikat gigi juga bermanfaat untuk menyempurnakan proses membersihkan rongga mulut.

Selain bermanfaat untuk menjaga rongga mulut bersih tuntas, kebiasaan itu membuat gigi sehat dan nafas dapat menjadi segar sepanjang hari.

"Menyikat gigi dengan durasi dua menit dua kali sehari, diikuti dengan berkumur dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi akan membuat kesehatan rongga mulut bersih maksimal," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro