Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Berenang Baik untuk Kesehatan Otak. Ini Buktinya

Kita semua tahu bagaimana olahraga memengaruhi tubuh kita dengan berbagai cara. Juga, kita tahu tentang manfaat kesehatan dari setiap olahraga yang kita lakukan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 18 Juli 2016  |  10:35 WIB
Ilustrasi berenang - boldsky.com
Ilustrasi berenang - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA- Kita semua tahu bagaimana olahraga memengaruhi tubuh kita dengan berbagai cara. Juga, kita tahu tentang manfaat kesehatan dari setiap olahraga yang kita lakukan.

Tapi tahukah Anda, jika beberapa olahraga juga menawarkan beberapa manfaat bagi otak. Misalnya, berenang meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Sebuah studi baru mengklaim bahwa sirkulasi darah lebih baik pada orang yang berada di dalam air dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktivitas di darat.

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk melihat manfaat kardiovaskular dari beberapa kegiatan. Penelitian ini mengklaim bahwa ketika tubuh direndam dalam air sampai daerah dada, sirkulasi darah akan ditingkatkan ke berbagai bagian seperti otak.

Peneliti yang mempelajari hubungan antara air rendaman dan aktivitas otak bekerja bersama dengan satu kelompok yang terdiri dari 10 orang. Subyek tes pertama kali dibuat untuk berdiri dalam tangki air yang dikosongkan.

Setelah denyut jantung dan data lainnya dikumpulkan, air dipompa dalam tangki sampai tingkat mencapai dada mata. Data mereka sekali lagi dikumpulkan dan dianalisis.

Bahkan, berenang juga dapat melepaskan endorfin. Hal ini juga dapat meningkatkan neurogenesis hippocampal. Jadi, berenang bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru di otak.

Juga, karena akan ada lebih suplai darah ke otak melalui renang, itu bisa berarti lebih banyak nutrisi dan oksigen akan dipasok ke otak.

Penelitian tersebut juga memperlihatkan jika berenang melibatkan peregangan, bergerak dan bernapas, itu juga bisa menjadi kegiatan yang baik yang mengalahkan stres dan meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara.

Jadi, jika Anda tertarik untuk menjaga otak Anda tajam dan tubuh aktif, berenang bisa menjadi olahraga yang baik yang baik untuk otak selain untuk kesehatan jantung juga.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

berenang

Sumber : boldsky.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top