Ilustrasi berenang/boldsky.com
Health

Berenang Baik untuk Kesehatan Otak. Ini Buktinya

Mia Chitra Dinisari
Senin, 18 Juli 2016 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Kita semua tahu bagaimana olahraga memengaruhi tubuh kita dengan berbagai cara. Juga, kita tahu tentang manfaat kesehatan dari setiap olahraga yang kita lakukan.

Tapi tahukah Anda, jika beberapa olahraga juga menawarkan beberapa manfaat bagi otak. Misalnya, berenang meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

Sebuah studi baru mengklaim bahwa sirkulasi darah lebih baik pada orang yang berada di dalam air dibandingkan dengan mereka yang melakukan aktivitas di darat.

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk melihat manfaat kardiovaskular dari beberapa kegiatan. Penelitian ini mengklaim bahwa ketika tubuh direndam dalam air sampai daerah dada, sirkulasi darah akan ditingkatkan ke berbagai bagian seperti otak.

Peneliti yang mempelajari hubungan antara air rendaman dan aktivitas otak bekerja bersama dengan satu kelompok yang terdiri dari 10 orang. Subyek tes pertama kali dibuat untuk berdiri dalam tangki air yang dikosongkan.

Setelah denyut jantung dan data lainnya dikumpulkan, air dipompa dalam tangki sampai tingkat mencapai dada mata. Data mereka sekali lagi dikumpulkan dan dianalisis.

Bahkan, berenang juga dapat melepaskan endorfin. Hal ini juga dapat meningkatkan neurogenesis hippocampal. Jadi, berenang bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel baru di otak.

Juga, karena akan ada lebih suplai darah ke otak melalui renang, itu bisa berarti lebih banyak nutrisi dan oksigen akan dipasok ke otak.

Penelitian tersebut juga memperlihatkan jika berenang melibatkan peregangan, bergerak dan bernapas, itu juga bisa menjadi kegiatan yang baik yang mengalahkan stres dan meningkatkan kesehatan dalam berbagai cara.

Jadi, jika Anda tertarik untuk menjaga otak Anda tajam dan tubuh aktif, berenang bisa menjadi olahraga yang baik yang baik untuk otak selain untuk kesehatan jantung juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro