Gunung Pancar. /Istimewa
Travel

Cari Lokasi Camping Hingga Foto Pre-Wedding? Gunung Pancar Jawabannya

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Sabtu, 30 Juli 2016 - 21:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda yang gemar camping, Taman Wisata Gunung Pancar, Sentul City, Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang menyediakan lokasi untuk camping keluarga sampai foto pre-wedding.

Apabila Anda berniat melakukan camping bersama keluarga di Taman Wisata Gunung Pancar berangkat menggunakan dengan mobil, Anda dapat melewati tol dalam kota Jakarta menuju arah Jagorawi. Selanjutnya, Anda keluar di gerbang tol Sentul Selatan memasuki kompleks Sentul City. 

Selanjutnya Anda mengambil jalan lurus terus mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dari Sentul City menuju Gunung Pancar terbilang cukup baik, dengan jarak ± 13 KM dan waktu tempuh ± 30 menit dari gerbang tol Sentul City.

Taman Wisata hutan pinus Gunung Pancar ini tercatat erada di ketinggian sekitar 300-800 mdpl dan kemiringan mencapai 15-40%. Dengan kontur tanah miring, dipayungi rindangnya pepohonan pinus, serta hawa yang sangat sejuk berkisar 24 derajat celcius pada malam hari dan 33 derajat celcius pada siang hari mampu menciptakan suasana bermalam di alam bebas menenangkan menggunakan tenda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, selain menjadi lokasi camping dan foto pre-wedding, Gunung Pancar juga pernah menjadi lokasi resepsi pernikahan. Ide penyelenggaraan wedding di tengah hutan pinus berawal dari resepsi pernikahan salah satu public figure yang pernah menyelenggarakan resepsi di tengah hutan pinus Lembang, Jawa Barat yaitu penyanyi jazz Andien.

Pada Senin, 27 April 2015, Andien dan suaminya, Ippe, mengikat janji suci perkawinan di Pine Forest Camp, Lembang, Bandung, Jawa Barat. Ide itu spontan mengundang beberapa orang memiliki ide untuk menyelenggarakan resepsi serupa di lokasi hutan pinus lain, salah satunya di Gunung Pancar.

Di balik fungsi sebagai arena camping, foto pre-wedding, hingga resepsi pernikahan, menurut legenda dari masyarakat sekitar, Gunung Pancar dipercaya sebagai pondasi bumi yang utama karena menjadi instrument pertama pembuatan bumi. 

Masyarakat mempercayai, ketika bumi diciptakan, belum ada gunung dan bumi masih rata dengan tanah sehingga sering terjadi gempa di bumi. Sesuai namanya ‘Pancar’ yang artinya ‘muncul pertama’. Pasalnya karena keadaan bumi yang cenderung tidak stabil, terciptakah gunung yaitu Gunung Pancar pondasi agar bumi semakin stabil dan terhindar dari gempa.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro