Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDONESIA VEGETARIAN SOCIETY: Makanan Nabati Seperti Beras dan Kacang Hindari Sakit Jantung

Indonesia Vegetarian Society (IVS) menyatakan berdasarkan riset pola konsumsi makanan nabati, seperti padi, kacang dan buah dapat menghindari hampir 97 persen penyakit jantung.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 24 Agustus 2016  |  16:45 WIB
Pedagang beras - Antara
Pedagang beras - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Vegetarian Society (IVS) menyatakan berdasarkan riset pola konsumsi makanan nabati, seperti padi, kacang dan buah dapat menghindari hampir 97%  penyakit jantung.

Menurut keterangan tertulis himpunan masyarakat vegetarian Indonesia tersebut pada Rabu (24/8/2016), dinyatakan riset dari American Cancer Society juga mengungkap  dengan tidak mengkonsumsi daging dapat menghindari diri dari kanker hingga 60%.

Pola makan "4 Sehat 5 Sempurna" (dianjurkan Kementerian Kesehatan sejak 1955) yang menyertakan konsumsi hewani tersebut membuat adanya 1 dari 2 kematian karena penyakit jantung; 1 dari 4 penduduk menderita hipertensi; dan 1 dari 10 penduduk menderita diabetes.

Kemenkes pun selanjutnya menganjurkan pola makan baru di dalam "Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS)" pada 1993 yang disempurnakan lagi menjadi PUGS 2014.

Perubahan pada PUGS 2014 adalah makanan hewani tidak lagi menjadi komponen wajib atau satu-satunya sumber protein dan dapat disubstitusi oleh makanan nabati.

Sayangnya, Pedoman Gizi Seimbang ini kurang tersosialisasi dengan baik sehingga masyarakat Indonesia, bahkan tenaga penyuluh kesehatan masih berkutat dengan konsep 4 Sehat 5 Sempurna.

Banyak penelitian membuktikan bahwa timbulnya penyakit-penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, kanker, diabetes melitus, obesitas, osteoporosis, berkaitan erat dengan pola konsumsi pangan hewani yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh.

Menurut data Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes pada 2013 ada 792 orang atau 1,4%  dari jumlah penduduk Indonesia menderita kanker.

WHO pun menempatkan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penderita kanker serviks terbanyak dunia dan menjadi peringkat pertama pembunuh wanita di Indonesia.

Oleh karenanya, IVS mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi pada Indonesia International Vegan Forum (INAVEG) 2016.

INAVEG 2016 yang digelar untuk pertama kali ini diadakan pada 26-27 Agustus 2016 dengan dihadiri oleh akademisi, ahli gizi, koki, pemerhati lingkungan, ahli medis, dan aktivis vegetarian dari berbagai dunia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nabati sakit jantung

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top