Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ahli Farmasi: Daun Beluntas Cegah Kerusakan Hati

Daun beluntas kini menjadi alternatif untuk pencegahan kerusakan hati akibat racun dalam tubuh.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 September 2016  |  20:13 WIB
Daun beluntas - daunbeluntas.com
Daun beluntas - daunbeluntas.com

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Kerusakan hati bisa terjadi akibat penumpukan racun di dalam tubuh yang tidak terbuang dengan baik.

Seorang ahli farmasi dari UGM Yogyakarta menyebutkan bahwa daun beluntas kini menjadi alternatif untuk pencegahan kerusakan hati akibat racun dalam tubuh.

"Daun beluntas mengandung senyawa yang dapat melindungi hati dari kerusakan yang ditimbulkan oleh racun," kata Pakar Farmasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Retno Murwanti, di Yogyakarta, Minggu (18/9/2016).

Ia mengatakan, perubahan gaya hidup dan pola makan yang terjadi pada masyarakat dewasa ini dapat mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya adalah penyakit hati.

Padahal, kataya, hati tidak hanya berperan penting dalam metabolisme dan penguraian zat yang bersifat toksik, namun juga memiliki peran dalam reaksi biokimia.

Menurut dia, berbagai kerusakan pada hati ini dapat mengakibatkan dampak penyakit seperti hepatitis, cholestasis, steatosis, dan granuloma.

Daun beluntas atau Pluchea indica L., kata dia, diduga berpotensi sebagai agen hepatoprotektor karena dalam daun beluntas terdapat senyawa myricetin, quercetin, dan kaemferol yang termasuk dalam golongan flavonoid yang dapat berinteraksi dengan reseptor enzim CYP P450.

Dari interaksi ini, lanjutnya, dapat menghambat terbentuknya metabolit toksik misalnya pada metabolit toksik paracetamol.

"Kami berharap, melalui pemberitaan ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang manfaat daun beluntas bagi kesehatan, terutama dalam memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati. Daun beluntas dapat menjadi alternatif dalam upaya mencegah kerusakan hati akibat racun dalam tubuh," terang dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

obat herbal kanker hati Daun Beluntas

Sumber : Antara

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top