Alergi anak./Istimewa
Health

Gejala Alergi pada Anak

Newswire
Selasa, 8 November 2016 - 19:38
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Konsultan Alergi Imunologi Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Profesor Budi Setiabudiawan  mengatakan, guna memaksimalkan tumbuh kembang anak, maka perlu dikenali sejak dini gejala alergi yang ada pada anak tersebut.

"Mengenali sejak dini gejala alergi pada anak diharapkan mampu untuk memaksimalkan tumbuh kembang seorang anak," katanya di sela kegiatan edukasi "Tanggap Alergi" di Puskesmas Kali Kedinding Surabaya, Selasa (8/11/2016).

Gejala alergi pada anak ini bermacam-macam seperti timbul ruam merah, eksim, biduran pada kulit. Atau, yang terjadi pada saluran napas seperti sesak napas, batuk pada malam hari tanpa disertai dengan panas.

"Selain itu, juga yang terjadi pada saluran cerna seperti bayi menangis karena kolik, diare. Semua ini, harus dikenali dan kemudian dikonsultasikan kepada dokter anak," katanya.

Setelah dilakukan diagnosa, kemudian dicari penyebab alergi untuk selanjutnya dikendalikan dengan cara menghindari penyebab alergi tersebut, apakah itu dari makanan atau juga dari zat yang terhirup.

"Dengan demikian, tumbuh kembang anak bisa dimaksimalkan, karena penyebab alergi pada anak ini bisa dihindari dan anak tidak terkena alergi tersebut," katanya.

Sementara itu, Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat - Kedokteran Pencegahan, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, DRSulistiawati, M.Kes, mengatakan, selama ini masih banyak orangtua yang belum memahami cara mengenali gejala alergi yang tepat tetapi mencoba mengambil solusi sendiri.

"Untuk itulah dibutuhkan penyuluhan mengenai alergi yang berkelanjutan dan komprehensif, yang mudah dipahami sehingga orangtua dapat mengenali serta menangani risiko alergi dengan tepat agar anak tetap dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan kualitas hidup anak tetap terjaga," katanya.

Sementara itu, Healthcare Nutrition Director Nutricia Sarihusada, Ahmad Hamdani, mengatakan, alergi tidak saja berdampak pada tingkat kesehatan di kemudian hari, tapi juga dapat berdampak pada produktivitas penderita alergi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro