Referensi

'Mantra-mantra' Danny Oei di Buku Think Fresh!

Azizah Nur Alfi
Senin, 14 November 2016 - 17:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam video berdurasi satu menit, pengusaha digital Danny Oei Wirianto mengatakan bahwa hidup itu seperti bola tenis. Jika dilempar ke sofa, bola tenis akan membal hanya setengah hingga satu meter. Sebaliknya, jika dibanting sekeras mungkin ke lantai yang keras, bola tenis dapat melontar hingga tiga meter.

Hidup pun demikian. Kondisi nyaman tidak menjamin ada kemauan keras untuk meningkat lebih tinggi. Sebaliknya, dalam kondisi sulit justru dapat menjadi motivasi untuk lebih sukses. Sebab, seseorang memiliki kemauan untuk bekerja lebih giat dan keras di banding yang lain. Pesan yang dikutip dari founder Kurio ini, membuka peluncuran buku berjudul Think Fresh! karya Danny Oei Wirianto. 

Tidak banyak yang mengetahui jika pengusaha yang melahirkan belasan perusahaan digital ini, pernah melakoni profesi office boy, tutor paruh waktu, hingga proses merintis perusahaan digital. Cerita tersebut disajikan sebagai pembuka dalam buku Think Fresh!. Pada buku setebal 177 halaman ini, Danny juga merangkum ‘mantra-mantra’ sukses berdasar pengalamannya selama 20 tahun membangun perusahaan digital. Meski begitu, ‘mantra-mantra’ ini tak dapat berdiri sendiri. Dalam prakteknya, satu mantra berkaitan erat dengan mantra yang lain.

Hiduplah dengan passion, begitu ulasan pertama buku Think Fresh!. Bagi Danny, passion ibarat bensin yang membakar semangat untuk berkarya dan menuntun pada tujuan yang ingin dicapai. Passion pula yang membuat seseorang dapat melakukan lompatan dan membantu bertahan dalam masa sulit.

Mantra berikutnya adalah berpikir kreatif. Ada cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan ide-ide segar. Beberapa cara diantaranya dengan banyak bertanya, berdiskusi dengan banyak orang, membaca buku dan majalah, mengunjungi tempat baru, hingga melakukan hal baru. Jika orang berpikir think outside of the box, maka bagi Danny, sebenarnya tidak ada kotak dalam hidup seseorang. Yang ada adalah seseorang membatasi diri dengan kotak tersebut.

Kedua mantra tersebut diikuti dengan beberapa mantra yang lain seperti, membentuk pola pikir untuk fokus pada kekuatan, bukan kelemahan. Danny menutup buku ‘mantra’ ini dengan langkah-langkah untuk bertindak.

Berbeda dengan buku motivasi yang terkesan kaku, buku bersampul jeruk mandarin ini tak hanya memuat tips sukses. Setiap bab disertai ilustrasi yang memudahkan pembaca untuk menangkap pesan yang disampaikan.

Beberapa warna yang menegaskan pesan dalam teks sekaligus untuk menarik minat pembaca dari generasi millenial, dimana tingkat baca diketahui cenderung rendah. Begitu pula pemilihan jeruk mandarin sebagai sampul buku, untuk menampilkan kesan lebih segar.

Judul Buku: Think Fresh!

Penulis: Danny Oei Wirianto

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tebal: 177 halaman

Cetakan: I, 2016

ISBN: 978-602-03-1644-4

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro