Ilustrasi-Busana muslim. /Jibiphoto
Fashion

BUSANA MUSLIM: Pemerintah Gelar Promosi Fesyen Hijab dari Mal ke Mal

Wike Dita Herlinda
Rabu, 16 November 2016 - 19:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam rangka penguatan pasar dalam negeri di bidang fesyen, pemerintah mendorong pengembangan potensi industri busana santun dan hijab sebagai langkah menjadikan Indonesia pusat modest wear dunia pada 2020.

Hal tersebut direalisasikan Kementerian Perdagangan dengan menggelar Promosi Hijab Mall to Mall di Trans Studio Mall Bandung, Jawa Barat pada 16-20 November 2016.

“Pengembangan pasar modest wear merupakan bukti nyata pemerintah dalam mendukung fashionpreneur hijab yang semakin banyak bermunculan dan menjadikan industri fesyen hijab serta aksesorinya berkembang pesat dan dinamis,” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan dalam siaran pers, Rabu (16/11/2016).

Menurut Oke, perkembangan modest wear Indonesia didorong oleh tumbuhnya perancang-perancang fesyen hijab muda berbakat dan komunitas hijab.

Komunitas ini mampu menampilkan citra fesyen hijab yang trendi dan tetap sesuai kaidah agama. Kemendag meyakini meningkatnya pertumbuhan komunitas hijab ini akan mendekatkan cita-cita Indonesia sebagai pusat busana santun.

“Kami berharap kreativitas dan daya saing perancang fesyen hijab terus berkembang. Dukungan dari masyarakat umum, pihak swasta, akademisi, dan pemerintah juga diperlukan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai pusat modest wear dunia” kata Oke.

Oke melihat fesyen santun dan hijab Indonesia mampu menjadi komoditas yang dapat diterima dan mampu bersaing di pasar internasional dan di negara-negara antara lain Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Republik Korea, Inggris, Kanada, Belgia, Australia, China, dan Uni Emirat Arab.

Untuk itu, fesyen hijab harus dikembangkan potensinya melalui peningkatan daya saing, perluasan akses jaringan pemasaran, serta peningkatan penggunaan produk hijab dalam negeri.

“Minat konsumen yang tidak pernah surut, serta dukungan pemerintah akan menjadikan fesyen hijab dan aksesorinya menjadi produk yang patut diperhitungkan di pasar internasional,” imbuh Oke.

Pameran Hijab Fashion & Accessories Mall to Mall 2016 di Bandung, Jawa Barat adalah pameran fesyen hijab dan aksesorinya untuk yang ke-6 kalinya.

Pameran serupa telah digelar di Gandaria City Jakarta, One Belpark Jakarta, Cito Mall Surabaya, Ratu Indah Mall Makassar, dan Palembang Icon Kota Palembang. Total transaksi yang diperoleh dari hasil pameran-pameran tersebut mencapai Rp1,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro