Ilustrasi/Idiva
Fashion

Cara Mudah Mengatasi Bulu Mata Rontok

JIBI
Jumat, 18 November 2016 - 17:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda mengenal lebih dalam tentang bulu mata? Bulu mata tumbuh kurang dari 0,15 milimeter setiap harinya.

Bulu mata juga mengalami kerontokan setiap 5-6 bulan sekali dan membutuhkan waktu 8-10 minggu untuk tumbuh kembali. Ini adalah pertumbuhan yang sangat lambat. 

Penyebab bulu mata rontok juga beragam, misalnya karena menggosok terlalu keras saat membersihkan riasan. Sebagai pencegahnya, gunakan make-up remover berbasis minyak untuk membersihkan maskara yang membandel. 

Selain itu, penggunaan alat pengering bulu mata dapat membuat bulu mata mudah rusak. Ada beberapa perawatan dengan bahan alami yang dapat dilakukan untuk memperkuat bulu mata, seperti berikut ini.

Castor oil dan vitamin E
Campurkan dua kapsul vitamin E, peras isinya, dan tambahkan satu sendok teh minyak jarak, lalu aduk rata dan tempatkan pada botol. Untuk memakainya, teteskan pada kapas dan oleskan pada garis bulu mata, diamkan semalam. Simpan sisa larutan di tempat yang dingin dan kering. Dikemas dengan antioksidan, serum ini akan membuat bulu mata tumbuh dua kali lebih kuat!

Olive dan emu oil
Campur satu sendok teh minyak zaitun dan minyak emu. Oleskan dengan gerakan memijat pada bulu mata dan kelopak mata. Biarkan diserap ke dalam kulit semalam. Kandungan asam lemak yang tinggi pada bahan-bahan alami ini dapat membuat bulu mata tumbuh lebih kuat dan lebih lama.

Petroleum jelly
Ini adalah cara paling sederhana membuat bulu mata lebih tebal dan tahan lama, yaitu dengan menggunakan petroleum jelly. Gunakan bekas aplikator maskara yang sudah dibersihkan, oleskan sedikit petroleum jelly, lalu pakaikan pada bulu mata sebelum tidur.

Pijat kelopak mata
Memijat kelopak mata dapat merangsang aliran darah, yang akan mendorong pertumbuhan bulu mata. Gunakan beberapa tetes minyak zaitun, lalu pijat sampai kulit terasa sedikit lebih hangat. Pijat dengan gerakan melingkar yang lembut pada kelopak mata dan garis bulu mata selama 2-5 menit. Lakukan ini dua kali sehari, dan rasakan perubahannya. 

Kulit lemon
Memiliki kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan asam folat, kulit lemon secara radikal dapat mengubah bulu mata. Caranya adalah campur 1 sendok makan kulit lemon dengan 2 sendok makan minyak jarak. Diamkan selama 48 jam atau lebih. Simpan dalam botol dan gunakan beberapa tetes setiap malam sebelum tidur.

Teh hijau
Sekantong teh hijau sangat kaya akan antioksidan yang sangat dibutuhkan kulit. Tidak hanya mencegah bulu mata rontok, tapi juga menenangkan otot mata yang lelah, serta menghilangkan bengkak. Seduh secangkir teh hijau segar tanpa perasa, biarkan dingin. Celupkan kapas ke dalam larutan, peras sisa air, lalu oleskan pada garis bulu mata dan kelopak mata.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro