Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beragam Masalah yang Ditimbulkan Pembengkakan Amandel

Banyak dari kita menghadapi masalah dengan amandel kita. Masalah amandel terutama dialami oleh anak-anak, meskipun orang dewasa juga mengalaminya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Januari 2017  |  10:43 WIB
Amandel - boldsky.com
Amandel - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA- Banyak dari kita menghadapi masalah dengan amandel kita. Masalah amandel terutama dialami oleh anak-anak, meskipun orang dewasa juga mengalaminya.

Beberapa masalah yang disebabkan oleh membengkaknya amandel dimulai dengan nyeri tenggorokan, disertai demam, batuk dan pilek. Bahkan, sebagian orang sulit untuk menelan apapun karena terhalang bengkaknya amandel tersebut.

Jadi apa yang efek dari membengkaknya amandel ini dan isu-isu kesehatan yang bisa disebabkannya? Pada artikel ini kita akan membahas masalah kesehatan tertentu yang disebabkan oleh amandel.

Amandel terletak di belakang tenggorokan. Ini adalah bagian dari sistem limfatik tubuh. Amandel adalah bertugas melawan infeksi. Ketika virus dan bakteri mencoba untuk masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut, amandel menjebak mereka dan melawannya masuk ke dalam tubuh.

Namun, mereka juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Beberapa hal yang bisa disebabkan oleh amandel yang membengkak adalah berikut ini:

Yang pertama ini adalah mendengkur. Ya, sulit untuk percaya bahwa amandel Anda dapat menyebabkan Anda mendengkur, tetapi menurut penelitian, amandel dapat menyebabkan mendengkur.

Ketika amandel membengkak, mereka menghalangi aliran udara bebas ke dalam mulut, yang pada akhirnya menyebabkan orang mendengkur. Ini tidak berbahaya, kecuali sampai membuat apnea tidur.

Kedua, pembengkakan amandel dapat menyebabkan bau mulut.  Menurut penelitian banyak orang menderita bau mulut. Meskipun ini mungkin disebabkan karena infeksi di mulut, kurangnya kebersihan mulut, dll, amandel juga ditemukan menyebabkan bau mulut.

Hal ini disebabkan oleh benda-benda asing yang menumpuk di amandel. sel-sel mati, lendir dan bakteri tersumbat di amandel dan menyebabkan kondisi tidak higienis.  Hal ini menyebabkan bau mulut.

Untuk mengatasinya, pastikan untuk menyikat gigi dua kali sehari dan berkumur dengan larutan antiseptik untuk menyingkirkan benda-benda tersebut dan menghentikan bau mulut.

Ketiga, amandel Anda juga dapat mengakibatkan nyeri menelan. Hal ini terjadi ketika amandel membesar dalam ukuran cukup besar, dan membuat sulitnya makanan masuk ke dalam tubuh melalui kerongkongan Anda.

Yang terparah, kesulitan menelan ini kadang membuat orang sulit juga bernapas dan akhirnya mengalami kepanikan.

Untuk mengetahui bagaimana seharusnya Anda mengatasi masalah ini, segera konsultasikan ke dokter. Sebagian ahli medis banyak menyarankan amandel yang membengkak untuk dioperasi jika dianggap terlalu mengganggu dan membahayakan kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amandel

Sumber : boldsky.com

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top