Mbok Jajan/mbokjajan.com
Health

Penting, Mulai Ajarkan Anak Mengatur Keuangan Sejak Dini

Nindya Aldila
Kamis, 2 Maret 2017 - 18:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Siapa bilang belajar manajemen keuangan hanya untuk orang dewasa saja. Mulai sekarang, ayo mulai ajari anak anda mengatur keuangan. Anda akan dibuat kaget ketika anak anda begitu pintar dalam memperlakukan uangnya.

Tidak perlu mengajari anak dengan hal-hal yang sulit. Memperkenalkan manajemen keuangan yang paling penting adalah untuk melatihnya bijaksana setiap mengeluarkan uang dan membiasakan menabung setiap uang yang didapat. Inilah beberapa tip, dikutip dari parents.com.

  1. Mencari pekerjaan

Mungkin ketika anda bertanya dari mana datangnya uang kepada anak anda, si anak akan menjawab dari bank, ayah dan bunda, atau dari presiden. Mereka biasanya belum sepenuhnya mengerti uang yang dihasilkan oleh ayah dan bundanya berasal dari bekerja.

Untuk itu, coba perkenalkan anak anda tentang pekerjaan atau bisnis yang anda lakukan dan bagaimana anda dibayar. Atau anda bisa ‘mempekerjakan’ anak anda, misalnya memintanya untuk membuang sampah atau membereskan mainannya untuk mendapatkan beberapa ribu rupiah.

  1. Bermain pasaran

Sulap ruangan anak anda menjadi sebuah toko. Tempelkan label harga pada beberapa mainan dan bajunya dan biarkan dia memilih barang yang disukainya. Dengan begitu, anak anda juga belajar bagaimana membelanjakan uangnya dan sekaligus belajar hitung-hitungan sehingga anak lebih percaya diri ketika anda menyuruhnya membeli sesuatu ke warung.

3. Menabung di ‘bank’

Berikan kesempatan pada anak anda yang sudah mengantongi sekian puluh ribu rupiah untuk menabung. Jelaskan keuntungan bagi anak anda jika menabung uangnya di bank.  Mungkin anda bisa mengatakan “Mama tahu kamu sudah lama ingin beli bando baru. Kalau kamu menabung selama tiga minggu, kamu tidak hanya sekadar bisa beli bando.”

Selain itu, anda juga bisa meningkatkan semangat anak anda untuk menabung dengan memberikan 10% dari setiap rupiah yang anak tabung. Belikan dia celengan lucu yang membuatnya senang ketika memasukkan setiap koin atau lembaran.

4. Sistem hukuman

Buatlah aturan, barangsiapa yang membuang sampah sembarangan harus membayar denda sebesar Rp5.000 untuk setiap sampah yang dibuang. Terapkan aturan itu tidak hanya untuk anak anda, tetapi juga untuk seisi rumah termasuk orang tua. Hal ini bisa mengajarkan anak anda untuk lebih menghormati setiap rupiah yang dikeluarkan dan menghormati peraturan, sekaligus melatih kebiasaan mandiri bagi anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro