Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahayanya Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Asin

Garam adalah bagian tak terpisahkan dari masakan yang kita konsumsi sehari-hari, terutama untuk jenis makanan cepat saji.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Maret 2017  |  12:04 WIB
Ilustrasi - Healthcareaboveall
Ilustrasi - Healthcareaboveall

Bisnis.com, JAKARTA- Garam adalah bagian tak terpisahkan dari masakan yang kita konsumsi sehari-hari, terutama untuk jenis makanan cepat saji.

Banyak juga orang lebih suka makanan camilan asin daripada manis, yang tentunya kadar kandungan garamnya lebih tinggi.

Kelebihan asupan garam dalam tubuh, bisa menimbulkan efek buruk pada kesehatan. Garam adalah alasan dari banyaknya masalah kesehatan dalam tubuh. Kebanyakan asupan garam atau natrium bisa membuat manusia mengalami gangguan aliran darah, tekanan darah dan pencernaan.

Kelebihan asupan dapat menyebabkan banyak penyakit mengerikan, termasuk serangan jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Kesadaran tentang efek kesehatan dari garam harus diberikan untuk semua kelompok usia untuk hidup sehat.

Sekarang mari kita membahas tentang beberapa efek kesehatan dari terlalu banyak garam:

Tekanan darah tinggi:
Jika Anda mengkonsumsi sejumlah garam yang tinggi setiap hari tanpa menyadari efek kesehatan negatif, maka bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi juga akan merusak arteri yang mengarah ke masalah jantung. Karenanya, akan lebih baik bagi Anda untuk mengurangi asupan garam dan dengan demikian bisa menurunkan tekanan dan menjaga jantung Anda sehat.

Penyakit kardiovaskular:
Selain tekanan darah tinggi, asupan yang berlebihan garam juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke dan bahkan kegagalan hati. Hal ini terutama karena efek jangka panjang dari perubahan konstan dan sering tekanan darah menjadi tinggi.

Kanker:
Dapatkah Anda percaya bahwa asupan garam berlebih dapat menyebabkan kanker? Asupan berlebihan asin, garam, atau makanan kaya natrium dapat menyebabkan kanker. Menurut penelitian, kelebihan makan garam bisa menyebabkan kanker perut

Penyakit Ginjal:
Natrium memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit tubuh. Ketika Anda terlalu banyak konsumsi garam, ini akan mengubah keseimbangan natrium dalam tubuh Anda. Hal ini akan menurunkan fungsi ginjal, sehingga tekanan darah tinggi, karena ekskresi air kurang.

Perut kembung
Sodium berlebihan di dalam tubuh Anda telah dikaitkan dengan sakit maag. Lapisan perut akan rusak dengan kuantitas tinggi natrium atau asupan yang berlebihan dari garam. Ini juga akan memengaruhi keseimbangan air tubuh.

Osteoporosis:
Osteoporosis, penyakit penipisan tulang, dapat dipicu dengan asupan yang berlebihan dari garam. Jika tubuh Anda memiliki natrium lebih dari jumlah yang diperlukan, kecenderungan minum air lebih meningkat. Sementara itu, kenaikan buang air kecil dan ini menyebabkan kebocoran kalsium dari tubuh Anda.

Dampak Negatif Pada Fungsi Kognitif:
Jika Anda banyak makan masakan yang mengandung garam, Anda akan mengalami disfungsi kognitif ringan atau sedang dalam berbagai bentuknya. Fungsi kognitif meliputi memori, penalaran, perhatian, bahkan masalah pada otak Anda

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

garam

Sumber : boldsky.com

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top