Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-79 RI, Ini Catatan Anang Soal Ekonomi Kreatif Indonesia

Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mengatakan, peringatan kemerdekaan ke 72 RI harus dikontekstualisasikan dalam kehidupan kekinian. Sektor ekonomi kreatif yang digadang-gadang sebagai tulang punggug baru ekonomi di Indonesia belum menunjukkan greget yang signifikan.nn
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 17 Agustus 2017  |  17:52 WIB
Anang Hermansyah - Antara
Anang Hermansyah - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Anggota Komisi X DPR RI Anang Hermansyah mengatakan, peringatan kemerdekaan ke 72 RI harus dikontekstualisasikan dalam kehidupan kekinian. Sektor ekonomi kreatif yang digadang-gadang sebagai tulang punggug baru ekonomi di Indonesia belum menunjukkan greget yang signifikan.

"Tiga tahun pemerintahan Presiden Jokowi, ada ikhtiar kuat untuk memajukan sektor ekonomi kreatif. Tapi sayangnya terkendala oleh birokrasi di bawahnya. Maka dapat saya katakan, sektor ekonomi kreatif belum sepenuhnya merdeka," ujar Anang dalam siaran persnya, Kamis (17/8/2017).

Anang mencontohkan sektor musik di Indonesia yang hingga saat ini masih berkutat di persoalan hak cipta, pembajakan hingga implentasi UU No 28/2014 tentang Hak Cipta yang masih terkendala di lapangan.

"Bagaimana kita bicara soal kemerdekaan bagi pelaku industri musik, bila pembajakan masih mudah dijumpai, sistem pembayaran royalti masih bermasalah, termasuk instrumen Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) yang nyatanya hampir tiga tahun berjalan belum efektif di lapangan, "tuturnya.

Politisi PAN ini mengatakan, komitmen Presiden Jokowi melakukan pemerataan ekonomi yang berkeadilan sebagaimana disampaikan dalam pidato sidang Tahunan MPR, semestinya diwujudkan dengan salah satunya mendorong sektor ekpnomi kreatif lebih nyata.

"Kementerian dan lembaga semestinya bisa menerjemahkan visi misi presiden di bidang ekonomi kreatif. Kewenangan yang dimiliki Kementerian dan Lembaga harus digunakan dengan semaksimal mungkin, bukan justru hanya sekadar menjadi event organizer," ujarnya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hut proklamasi kemerdekaan
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top