Sutradara Steven Soderbergh Keranjingan Bikin Film pakai iPhone

Sutradara Steven Soderbergh mengaku keranjingan membuat film dengan menggunakan kamera iPhone. Film thriller terbarunya Unsane dibuat dengan menggunakan kamera telepon genggam tersebut. Dia mengaku tidak yakin akan kembali menggunakan kamera konvensional untuk membuat film selanjutnya.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 24 Februari 2018  |  12:05 WIB
Sutradara Steven Soderbergh Keranjingan Bikin Film pakai iPhone
Steven Soderbergh - reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sutradara Steven Soderbergh mengaku keranjingan membuat film dengan menggunakan kamera iPhone.

Film thriller terbarunya Unsane dibuat dengan menggunakan kamera telepon genggam tersebut. Dia mengaku tidak yakin akan kembali menggunakan kamera konvensional untuk membuat film selanjutnya.

Dikutip dari Reuters, dia menerangkan bahwa Film Unsane yang tayang perdana di ajang Berlinale Film Festival 2018, hanya membutuhkan waktu 2 pekan untuk proses pengambilan gambar menggunakan iPhone. Waktu tersebut, tentunya jauh lebih singkat dari pada waktu yang diperlukan untuk proses pengambilan gambar konvensional.

Film tersebut bercerita tentang karakter Sawyer Valentini yang pindah ke kota baru untuk melarikan diri dari seorang penguntit bernama David. Namun dia kesulitan menjelaskan hal tersebut di tempat kerjanya yang merupakan sebuah institusi kesehatan mental.

Soderbergh mengatakan dia sangat menikmat proses pengambilan gambar menggunakan iPhone yang sangat baik. Namun, dia juga mengakui ada beberapa kekurangan seperti karakter kamera iPhone yang lebih sensitif terhadap getaran.

"Saya harus mengatakan cara ini benar-benar positif bagi saya, dan sepertinya akan sulit bagi saya untuk kembali ke cara pengambilan gambar konvensional," katanya.

Dia menambahkan, kelebihan pengambilan gambar dengan iPhone adalah dia tidak harus membuat lubang di dinding atau menempatkan kamera di langit-langit. Kamera iPhone juga membuatnya dapat langsung hasil rehearsal sampai pengambilan gambarnya.

"Kesenjangan antara ide dan eksekusinya hanya penyusutan waktu kerja saja, dan ini berarti Anda bisa mencoba lebih banyak gagasan. Saya jadi mengharapkan dapat memiliki peralatan ini saat berusia 15 tahun," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh aktor Joshua Leonard, yang memerankan David. Dia mengatakan pembuatan film dengan iPhone memungkinkan para aktor bertahan di dunia karakter mereka dan filmnya akan menghasilkan sesuatu yang tidak dapat diharapkan oleh kamera konvensional.

"Tidak ada yang lebih menyenangkan sebagai aktor selain berada di tengah proses kreatif di mana Anda benar-benar siap bersaing dan tidak harus menunggu mesin pembuat film mengejar dorongan kreatifnya," katanya.

Selain itu, karena terbiasa menempatkan kamera iPhone di depan wajahnya untuk berswafoto, juga membantu proses pengambilan gambar. Alasannya, menurut Leonard hal itu benar-benar meminimalkan kesadaran diri tentang proses pembuatan film.

"Unsane" termasuk di antara 400 film yang diputar di Berlinale Film Festivals, tetapi tidak termasuk di antara 19 film yang memperjuangkan hadiah utama, Golden Bear. Hadiah tersebut yang akan diberikan pada Sabtu (24/2/2018). Festival di ibukota Jerman ini berlangsung sampai 25 Februari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, festival film, berlin

Sumber : Reuters

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup