Armada drone membawa desain tas terbaru kreasi Dolce & Gabbana untuk koleksi musim gugur/dingin pada Milan Fashion Week di Milan, Italia, Minggu (25/2)./Reuters-Alessandro Garofalo
Fashion

Fashion Week 2018: Dari Popcorn Hingga Drone

Annisa Margrit
Kamis, 1 Maret 2018 - 12:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada Februari setiap tahunnya, kota-kota fesyen ternama dunia menjadi sorotan karena secara bergantian menjadi tuan rumah penyelenggaraan pekan mode untuk koleksi musim gugur/dingin.

Dimulai di New York pada pekan kedua Februari, lalu diikuti secara berturut-turut oleh London dan Milan pada pekan ketiga dan keempat. Paris menjadi lokasi terakhir, yang penyelenggaraannya berlangsung hingga pekan kedua Maret.

Adapun fashion week untuk koleksi musim semi/panas akan dilangsungkan pada September-Oktober setiap tahunnya. New York menjadi kota pertama dan Paris kembali menjadi kota terakhir.

Namun, bukan hanya koleksi terbaru dari tiap rumah mode yang ditunggu-tunggu pecinta fesyen dunia. Masing-masing rumah mode pun biasanya berlomba-lomba mengusung konsep yang unik ketika menampilkan koleksinya.

Kali ini, Dolce & Gabbana menjadi perbincangan banyak orang karena alih-alih menggunakan model manusia, rumah mode asal Italia itu justru memakai 'jasa' drone untuk membawakan koleksi terbarunya.

Tamu yang datang di tiap pagelaran fesyen pun ikut menjadi sorotan dan turut menentukan 'kelas' masing-masing desainer.

Berikut beberapa catatan tidak biasa yang terjadi pada New York Fashion Week (NYFW) Musim Gugur/Dingin 2018, London Fashion Week (LFW) Musim Gugur/Dingin 2018, dan Milan Fashion Week (MFW) Musim Gugur/Dingin 2018 yang disarikan dari berbagai sumber:
- Penggunaan makanan ringan oleh desainer
Raf Simons dari Calvin Klein menutupi lantai ruangan tempat penyelenggaraan pagelaran fesyennya di New York dengan popcorn. Tidak tanggung-tanggung, popcorn itu didatangkan khusus dari Chicago.

Sementara itu, produsen pakaian renang dan olahraga Chromat menggunakan makanan ringan Cheetos sebagai tas tangan.

Fashion Week 2018: Dari Popcorn Hingga Drone

Popcorn menutupi lantai runway di show Calvin Klein./Reuters-Eduardo Munoz

- Robot ikut berjalan di runway
Desainer Philipp Plein menggunakan salju palsu dan menghadirkan kapal luar angkasa di pagelaran fesyennya. Dia juga menghadirkan robot yang ukurannya sedikit lebih besar dari manusia untuk berjalan bersama model Irina Shayk di runway.

Fashion Week 2018: Dari Popcorn Hingga Drone

Ratu Elizabeth II duduk di samping Anna Wintour dalam show Richard Quinn di LFW./Reuters-Yui Mok

- Ratu Inggris tak mau ketinggalan tren terbaru di LFW
Ratu Elizabeth II menonton pagelaran fesyen Richard Quinn, sebelum menganugerahkan penghargaan desain Inggris bagi sang desainer. Ratu duduk di samping Anna Wintour, pemimpin redaksi majalah Vogue, dan terlihat menikmati acara tersebut.

Adapun penghargaan itu diberikan kepada seseorang yang dinilai telah memberikan karya-karya terbaik bagi Inggris dan menjadi kebanggan bagi industri fesyen negara Eropa Barat itu.

- Drone mengambil alih pekerjaan model dalam pagelaran Dolce & Gabbana
Setidaknya delapan drone membawa serangkaian koleksi tas tangan Dolce & Gabbana di MFW pada Minggu (25/2). Drone-drone itu bahkan berhenti sejenak untuk difoto oleh para tamu dan fotografer.

Business Insider melansir Senin (26/2), untuk mensukseskan rencana ini, acara harus tertunda selama 45 menit karena panitia mesti memastikan semua koneksi Wifi di ruangan dimatikan.

Namun, penggunaan drone dalam sebuah fashion show ternyata sudah pernah dilakukan sebelumnya. Pada 2015, produsen pakaian Betabrand menggunakan drone untuk membawakan koleksi pakaian mereka dalam sebuah acara di Silicon Valley, AS.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters, Business Insider, Associated Press, The Guardian, The Cut
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro