Ilustrasi/JIBI
Health

Kanker Neuroblastoma, Apa Saja Tanda pada Anak yang Perlu Diwaspadai?

Yoseph Pencawan
Kamis, 8 Maret 2018 - 19:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Neuroblastoma merupakan satu dari enam jenis kanker yang paling sering diderita anak-anak di Indonesia, selain Leukimia, Retinoblastoma, Limfoma Malignum, Karsinoma Nasofaring dan Kanker Tulang.

Mnenurut dr. Abdul Kadir, Direktur Utama Rumah Sakit Dharmais, Neuroblastoma (kanker saraf tepi) adalah tumor embrional dari sistem saraf simpatis yang berasal dari cikal bakal jaringan saraf (primitif neural crest).

"Tanda atau gejala-gejalanya timbul sesuai dengan penyebaran yang terjadi," katanya, belum lama ini.

Penyebaran ke tulang di belakang mata ditandai dengan perdarahan di sekitar mata dan mata menonjol. Kemudian penyebaran pada tulang menyebabkan nyeri pada tulang sehingga mengakibatkan anak menjadi lemah dan gelisah.

Jika penyebarannya ke perut maka akan menyebabkan perasaan tidak enak, terasa penuh dan diare. Bila sampai menekan pembuluh darah balik dan aliran getah bening tungkai bawah, maka akan timbul bengkak di buah zakar dan tungkai bawah.

Begitu juga tekanan darah akan tinggi akibat tekanan tumor pada pembuluh darah.

Berikutnya, penyebaran ke rongga dada dan leher akan menyebabkan kumpulan gejala berupa turunnya kelopak mata pada satu sisi mata, kontraksi pupil, mata kering serta pembengkakan di leher.

Sedangkan penyebaran ke paraspinal, bila mengarah ke foramen neural dan korpus vertebra dapat menyebabkan nyeri, lumpuh serta gangguan fungsi kandung kencing dan usus.

"Secara medis, pengobatan yang dapat dilakukan pada penyakit ini hanya operasi dan kemoterapi."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro